Polisi Gerebek 2 Warga Gowa Timbun BBM, 2 Ton Solar Disita

Bugma ยท Senin, 05 Maret 2018 - 14:02:00 WIB
Polisi Gerebek 2 Warga Gowa Timbun BBM, 2 Ton Solar Disita
Dua warga Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsesl) digerebek polisi di kediamannya lantaran dengan sengaja menimbung bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. (Foto: iNews.id/Bugma)

GOWA, iNews.id - Dua warga Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsesl) digerebek polisi di kediamannya lantaran dengan sengaja menimbung bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Polisi mendapatkan sebanyak dua ton lebih solar bersubsidi yang diperuntukan untuk para nelayan.

Ironisnya pelaku telah melakukan penimbunan solar tersebut lebih dari lima tahun. Barang bukti dua ton solar kemudian diamankan Polres Gowa.

Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga mengatakan, pelaku berinisial S kerap mengamankan bbm jenis solar di sebuah gudang dekat rumahnya di kawasan Kanarea, Kecamatan bajeng, Kabupaten Gowa, Sulsel. Selain SA, Polres Gowa juga mengamankan tersangka lain MA.

"Menangkap dua tersangka dalam kasus Undang-Undang (minyak dan gas) Migas. Sebanyak dua ton BBM jenis solar diamankan. BBM tersebut didapatkan dari sejumlah SPBU yang ada di wilayah Goa," kata AKBP Shinto, di Gowa, Senin (5/3/2018).

Hasil pemeriksaan, kata dia, pelaku mampu mengeruk untung hingga ratusan juta rupiah. Modus yang dilakukan yakni membeli solar dari sejumlah SPBU dengan mengunakan jeriken. Solar yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk kembali dijual ke sejumlah perusahaan dan nelayan dengan harga tinggi.

"Satu dari dua pelaku berpura-pura mengaku nelayan saat membeli solar dengan jeriken. Tapi S malah menimbun solar untuk nelayan itu di rumahnya hingga berton-ton. S kemudian menjual kepada M," ucapnya.

Guna kepentingan penyelidikan, polisi kini menyita bbm jenis solar tersbeut serta mengamankan mobil yang digunakan untuk mengisi dan mengangkut solar. Akibat perbuatannya kedua pelaku akan dijerat Undang-Undang Migas dengan ancaman kurungan 3 hingga 6 tahun penjara.

Editor : Achmad Syukron Fadillah