Polisi Bongkar Prostitusi Khusus Pelaut di Seruyan, Tawarkan PSK Anak di Bawah Umur

iNews TV ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 06:33 WIB
Polisi Bongkar Prostitusi Khusus Pelaut di Seruyan, Tawarkan PSK Anak di Bawah Umur
Ilustrasi prostitusi. (Foto: Istimewa)

SERUYAN, iNews.id - Polres Seruyan membongkar jaringan prostitusi yang melibatkan sejumlah anak di bawah umur di wilayah Kalimantan Tengah. Mengejutkannya, para pekerja seks komersial (PSK) ini khusus hanya disediakan bagi para pelaut.

Informasi yang dirangkum iNews, untuk sekali kencan, tarif yang dipasang PSK remaja ini berkisar Rp200.000-Rp300.000. Praktik bisnis esek-esek terselubung tersebut ditengarai telah berlangsung dalam lima bulan terakhir.

Kapolres Seruyan AKBP Agung Tri Widiantoro mengatakan, dalam pengungkapan kasus, polisi menangkap seorang muncikari bernama Suwartawan (55). Dia diamankan dalam rumahnya di Desa Persil Raya, Kecamatan Seruyan Hilir, yang sekaligus dijadikan tempat prostitusi.

BACA JUGA: Polisi Bongkar Prostitusi Online di Asahan, Seorang Muncikari Ditangkap

“Muncikarinya sudah kami tangkap. Kasus ini terbongkar berkat informasi warga yang melaporkan adanya dugaan praktik prostitusi terselubung di rumah tersangka,” kata Agung, Kamis (23/1/2020).

Menurutnya, pekerjaan hina ini dijalani para remaja yang masih usia sekolah. Selama ini mereka disiapkan muncikari untuk pelaut yang kebetulan sedang mampir di Kuala Pembuang.

“Ternyata informasi tentang prostitusi terselubung ini memang benar adanya, bahkan sampai melibatkan anak di bawah umur, sehingga saat itu petugas langsung meringkus tersangka,” katanya.

Atas perbuatannya, tersangka Suwartawan dijerat polisi dengan Pasal 76 huruf i Jo Pasal 88 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan UU nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Tersangka terancam hukuman penjara 10 tahun dan atau denda paling banyak Rp200 juta.


Editor : Donald Karouw