Polda NTB Sumbang Perahu untuk Siswa SD di Lombok Timur Wujudkan Cita-Cita

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 22:46 WIB
Polda NTB Sumbang Perahu untuk Siswa SD di Lombok Timur Wujudkan Cita-Cita
Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal menyerahkan perahu ke perwakilan SD di Lombok Timur. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan perahu bagi siswa SD Negeri 5 Pemongkong, Lombok Timur sebagai sarana transportasi berangkat ke sekolah. Sebelumnya para siswa SD tersebut berangkat ke sekolah menggunakan perahu rakit yang terbuat dari gabus atau streofoam. 

Perahu tersebut diberikan langsung Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal Iqbal sebagai hadiah untuk siswa-siswi di Hari Bhayangkara ke-74. 

Mantan Kadiv Humas Polri itu mengatakan, hadiah itu diberikan melihat semangat meraih cita-cita meski ditengah keterbatasan yang hanya memakai rakit dari gabus berukuran 2x2 meter saat berangkat dan pulang dari sekolah.

Iqbal ingin memastikan keamanan dan kenyamanan anak-anak SD berlayar menyeberangi laut yang berjarak 250 meter dan kedalaman saat pasang tertinggi bisa sampai 10 meter. 

"Kami membuat perahu, kemudian perahu tersebut diberikan kepada anak sekolah SDN 5 Pemongkong sebagai sarana transportasi air dan pengganti rakit gabus yang digunakan mereka selama ini untuk pergi dan pulang ke sekolahnya,” kata Iqbal, Selasa (30/6/2020).

Anak-anak SD yang menggunakan perahu tersebut berasal dari Dusun Gili Rei, Desa Pare Mas, Kecamatan Jero Waru. Semangat anak-anak tersebut harus dijaga agar dapat menggapai cita-cita dengan mengikuti pendidikan di sekolahnya. Polri sebagai abdi negara yang memiliki tugas sebagai pengayom, pelayan, dan pelindung masyarakat harus menjamin keamanan anak-anak tersebut. 

"Sesuai pesan Bapak Kapolri, bahwa polri harus ada di tengah-tengah masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun. Nah, pemberian bantuan ini sebagai wujud pengabdian kami serta sebagai bukti bahwa ada untuk masyarakat, lebih-lebih pada masa pandemi Covid-19," katanya. 

Selain memberikan perahu untuk alat transportasi, pada Hari Bhayangkara ke-74 jajaran Polda NTB juga memberikan bantuan berupa paket peralatan sekolah, dan sembako bagi masyarakat. 

"Ini merupakan program Hari Bhayangkara ke-74 guna meringankan beban masyarakat pesisir. Merupakan suatu kemuliaan bagi kami dapat berbakti kepada masyarakat," ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki