Polda Kalteng Pecat 10 Anggota Polisi, Terlibat Kasus Pembalakan Liar hingga Narkoba

Sigit Dzakwan Pamungkas ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 08:30 WIB
Polda Kalteng Pecat 10 Anggota Polisi, Terlibat Kasus Pembalakan Liar hingga Narkoba
Ilustrasi Polri. (Foto: Istimewa)

PALANGKARAYA, iNews.id  - Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) memecat dengan tidak hormat 10 anggotanya. Pemecatan ini lantaran para oknum polisi tersebut terlibat sejumlah kasus, seperti pembalakan liar (ilegal logging), narkoba hingga persoalan kedisplinan.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Hendra Rochmawan mengatakan, anggota yang dipecat karena terlibat pelanggaran. Yakni tersangkut kasus narkoba empat orang, ilegal logging ada tiga orang dan sisanya karena disiplin.

"Ada 10 anggota Polri dengan pangkat berbeda yang kami berhentikan secara tidak hormat karena kasus narkoba, ilegal logging dan juga indisipliner," ujar Hendra saat jumpa pers di Mapolda Kalteng, Palangkaraya, Selasa (28/1/2020) malam.

Sementara menyangkut dentitas dan tempat tugas ke-10 polisi ini yakni, inisial KU berpangkat Bripka yang bertugas di Polresta Palangkaraya. Kemudian AM berpangkat Aiptu bertugas di Brimob Polda Kalteng, AS pangkat Bripka dinas di Yanma Polda Kalteng dan AC pangkat Brigpol bertugas di Brimob Polda Kalteng.

"Selanjutnya ada Brigpol MRR di Polres Murung Raya, SP yang dinas di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng, Bripka AP Polres Kapuas, Bripka MA dari Polres Mura, Aiptu HA Polres Katingan dan terakhir Bripda BPA yang dinas di Polres Lamandau," katanya.

Menurutnya, institusi Polri akan memberikan penghargaan atas prestasi anggota. Tetapi jika memberi sanksi pemecatan bagi yang melanggar aturan.

"Ini semua kami publikasikan sebagai bentuk transparansi Polri dan Polda Kalteng, serta rambu-rambu bagi yang lain agar tidak jatuh pada kesalahan yang sama," kata Hendra.


Editor : Donald Karouw