Pj Gubernur Jambi Minta Upaya Pencegahan Karhutla Jadi Prioritas

Antara ยท Kamis, 04 Maret 2021 - 17:05:00 WIB
Pj Gubernur Jambi Minta Upaya Pencegahan Karhutla Jadi Prioritas
Pj Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni di Jambi (foto: Antara)

JAMBI, iNews.id- Pemerintah Provinsi Jambi memprioritaskan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sebab, wilayah Jambi dinilai masih rawan karhutla.

"Dalam melakukan penanganan karhutla tersebut, tim yang terdiri dari Forkopimda, TNI Polri sangat kompak dan bersatu padu, jadi intinya mengantisipasi, bukan menunggu sampai bencana itu datang," kata Penjabat (Pj) Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni di Jambi, Kamis (4/3/2021).

Nur Cahya meminta seluruh pemangku kepentingan terkait aktif menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait dampak karhutla. Program edukasi juga dilaksanakan terhadap perusahaan-perusahaan bidang perkebunan.

Perusahaan dinilai memiliki kewajiban dan kewenangan untuk melakukan pencegahan dan penanganan karhutla. Nur Cahya berharap seluruh pemangku kepentingan terkait mendukung langkah pencegahan.

"Sebagaimana ditegaskan Presiden saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2021, pemerintah daerah, TNI Polri dan instansi terkait lainnya agar lebih peka dan gencar dalam melakukan antisipasi sebelum terjadi bencana," katanya.

Saat ini di Provinsi Jambi berada pada musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Meski masih berada pada musim peralihan, sejumlah wilayah di daerah itu sudah terdapat titik api dan kebakaran hutan dan lahan dan masih dapat ditanggulangi oleh petugas.

Editor : Ibnu Hariyanto