Persempit Gerak MIT Poso, TNI-Polri Bentuk Satgas Baru

Antara ยท Senin, 31 Mei 2021 - 16:18:00 WIB
Persempit Gerak MIT Poso, TNI-Polri Bentuk Satgas Baru
Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto. Foto: Antara

PALU, iNews.id - TNI-Polri membentuk satuan tugas (satgas) baru beranggotakan 80 personel untuk mempersempit gerakan anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, yang masuk daftar pencarian orang (DPO). Satgas ini akan dikonsentrasikan pada 11 sekat di wilayah Poso, Sigi dan Parigi Moutong.

Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah, Kombes Pol, Didik Supranoto, mengatakan, satgas berkonsentrasi pada 11 wilayah sekat karena wilayah-wilayah tersebut merupakan lokasi DPO MIT mencari logistik. Pasalnya buron MIT selalu bersembunyi di hutan untuk menghindari kejaran aparat.

"Ini sudah gabungan antara TNI dan Polri, ada sekitar 80 personel yang dari analisa operasi di tempat-tempat yang mungkin diperkirakan sebagai tempat pelarian atau mencari logistik," kata Didik, Senin (31/5/2021).

Didik memastikan satgas ini merupakan pasukan di luar tim Satgas Madago Raya. Satgas ini memiliki misi menghambat gerakan DPO MIT Poso untuk mencari kebutuhan logistik.

Data dari pihak kepolisian menyebutkan, masih ada sembilan orang DPO MIT Poso yang berkeliaran di area pegunungan di wilayah Kabupaten Poso, Sigi dan Parigi Moutong. Sebelumnya, Satgas Madago Raya membentuk tiga tim yang terdiri dari tim pengejar, tim sekat, dan tim kegiatan preventif untuk warga Poso agar tidak terganggu dari kegiatan DPO MIT Poso tersebut.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: