Peringati Tsunami Aceh 2004, Ribuan Warga Berdoa di Kuburan Massal Meulaboh

Afsah ยท Kamis, 26 Desember 2019 - 17:15 WIB
Peringati Tsunami Aceh 2004, Ribuan Warga Berdoa di Kuburan Massal Meulaboh
Warga Aceh Barat berdoa dan zikir di kuburan massal korban tsunami di Meulaboh, Aceh Barat. (Foto: iNews/Afsah)

ACEH BARAT, iNews.id – Ribuan warga Aceh Barat memanjatkan doa dan zikir di kuburan massal Meulaboh untuk mendoakan arwah korban bencana gempa dan tsunami Aceh yang terjadi 2004 silam.

Peringatan tsunami yang terjadi 15 tahun lalu itu tidak hanya dilakukan umat Muslim, namun juga diikuti umat agama lain dan etnis Tionghoa.

Mereka memanjatkan doa sesuai kepercayaan masing-masing. Meski berbeda keyakinan nilai toleransi antarumat beragama terjalin baik di Aceh Barat.

Saat zikir menggema para keluarga korban tsunami tak kuasa membendung air matanya. Mereka teringat kembali akan keluaragnya yang hilang saat gelombang tsunami menyapu Aceh.

Usai memanjatkan doa, masyarakat Aceh Barat juga menaburkan bunga di kuburan massal yang berjumlah 132.000 korban tsunami itu.

Bupati Aceh Barat, Ramli MS mengatakan, pada peringatan 15 tahun gempa dan tsunami Aceh ini, Pemkab Aceh Barat mengajak masyarakat Aceh untuk terus berdoa dan selalu siaga tiap bencana melanda.

“Kita mengenang kembali kepada masyarakat luas bahwa musibah tsunami itu atau yang lain-lain pasti terjadi kepada manusia. Musibah ini agar membuat kita sadar akan bencan sekaligus kita ajak masyarakat untuk tanggap terhadap bencana,” katanya.

Warga Aceh Barat, Cristy mengaku tiap momen peringatan gempa dan tsunami selalu menyempatkan diri datang ke kuburan massal untuk mendoakan anggota keluarganya yang menjadi korban dalam bencana itu.

“Saya tiap tahun pasti datang ke kuburan massal ini untuk mendoakan saudara-saudara kami yang menjadi korban tsunami,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki