Perayaan Natal di Ambon Dimeriahkan Pesta Kembang Api, Warga Tumpah ke Jalan

Antara ยท Rabu, 25 Desember 2019 - 06:50:00 WIB
Perayaan Natal di Ambon Dimeriahkan Pesta Kembang Api, Warga Tumpah ke Jalan
Ilustrasi pesta kembang api. (Foto: Dok iNews).

AMBON, iNews.id - Suasana perayaan natal di Kota Ambon, Maluku, pada Rabu (25/12/2019) diwarnai pesta kembang api. Kemeriahan itu berlangsung selama satu jam, dan warga berhamburan ke jalan menyambut hari besar umat Kristiani.

Pantauan di lokasi, kembang api mulai terlihat di langit kota Ambon tepat pukul 00.01 WIT. Padahal 30 menit sebelumnya, suasana di sekitar daerah tersebut tampak lengang.

Menjelang dimulainya pesta kembang api, warga pun mulai meramaikan jalan. Tidak lama saat dentuman mulai silih berganti, mereka keluar dari rumah, dan memadati jalan-jalan utama.

Lantaran banyak warga bersuka cita meramaikan perayaan Natal ini, kondisi sejumlah ruas jalan di sana menjadi macet. Sejumlah pemuda konvoi dengan motor membuat kota tersebut hidup.

Personel gabungan dari TNI - Polri dan jajaran aparatur pemerintah daerah berjaga-jaga sejak Rabu (24/12/2019) sore. Kini mereka mengatur arus lalu lintas dan mengimbau warga tidak melakukan aksi balapan liar.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang memantau perayaan natal. Mereka berkeliling ke sejumlah kecamatan dan menyapa warga di sana.

Sedikitnya 1.816 personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Damkar dan instansi terkait lainnya dikerahkan untuk mengamankan malam perayaan Natal di Kota Ambon dan sekitarnya.

"Secara umum, situasinya aman dan kondusif, namun aparat gabungan tetap bersiaga dan melaksanakan tugasnya secara preventif," kata Kapolresta Ambon, Leo Surya.

Sebelumnya pada Selasa sore hingga malam hari, warga Kristiani ramai-ramai mengikuti ibadah Misa Natal di gereja-gereja. Namun dua gereja yang menjadi pusat ibadah warga yakni di Gereja Paroki dan Gereja Kathedral Ambon.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: