Penyelundupan 54 Kg Ganja di Lampung Digagalkan, Polisi Tangkap 6 Tersangka

Heri Fulistiawan ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 22:45 WIB
Penyelundupan 54 Kg Ganja di Lampung Digagalkan, Polisi Tangkap 6 Tersangka
Kapolres Lampung Selatan, AKBP Edi Purnomo beserta jajaran menunjukan ganja seberat 54 Kg yang akan diselundupkan ke Jawa. (Foto: iNews/heri Fulistiawan)

LAMPUNG, iNews.id – Penyelundupan ganja seberat 54,2 kg digagalkan polisi di area pemeriksaan seaport interdiction Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Kamis (23/7/2020). Petugas juga menangkap enam tersangka di beberapa lokasi.

Kapolres Lampung Selatan, AKBP Edi Purnomo mengatakan, puluhan kg ganja tersebut diduga bakal dipasarkan di Pulau Jawa. “Kasus penyelundupan ganja itu kami ungkap dari dua tempat yang berbeda dengan keterlibatan enam orang tersangka,” katanya.

Penangkapan yang pertama yaitu di pemeriksaan area seaport interdiction Pelabuhan Bakauheni. Di lokasi itu, polisi mengamankan ganja seberat 47 kg yang dikirim melalui jasa pengiriman barang Dakota Buana Semesta yang diangkut truk tujuan Cipinang, Jakarta Timur.

“Dari pengungkapan itu, kita kembangkan. Ternyata pengirim barang haram itu berinisial AA (35) warga Sumedang,” katanya.

Dari keterangan tersangka AA itu, petugas kembali mengamankan ganja seberat 7,2 kg di Desa Bakauheni Lampung Selatan dan ditangkap seorang tersangka berinisial HP (25) warga Bakauheni.

“Tersangka HP ini masih berstatus mahasiswa. Dia ditangkap saat petugas melakukan patroli di Dusun Umbul Jering Desa Bakauheni. Petugas curiga atas barang bawaan kardus yang di bawa tersangka,” paparnya.

Atas perbuatannya itu, para tersangka akan dijerat dengan Pasal 111 (2) juncto Pasal 114(2) juncto Pasal 132 (1) Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau pidana paling singkat lima tahun penjara dan paling lama 20 tahun penjara serta denda Rp8 miliar.


Editor : Kastolani Marzuki