Pengiriman PMI ke Malaysia Disetop, Pelabuhan Tak Resmi di Batam Dijaga Ketat

Antara · Senin, 18 Juli 2022 - 14:34:00 WIB
Pengiriman PMI ke Malaysia Disetop, Pelabuhan Tak Resmi di Batam Dijaga Ketat
Kapolresta Barelang, Kombes Nugroho Tri Nuryanto. (ANTARA)

BATAM, iNews.id - Pemerintah Indonesia menyetop pengiriman pekerja migran Indonesia (PMI) ke Malaysia. Sejumlah pelabuhan tak resmi di Batam, Kepulauan Riau kini dijaga ketat polisi.

"Kami meningkatkan pengawasan di pelabuhan-pelabuhan tikus secara ketat," kata Kapolresta Barelang, Kombes Nugroho Tri Nuryanto, Senin (18/7/2022).

Nugroho menuturkan, penjagaan dilakukan untuk mencegah pengiriman PMI secara legal ke Malaysia setelah kebijakan itu diumumkan.

Selain itu Polresta Barelang juga melakukan pengawasan di tempat-tempat yang dianggap berpotensi menjadi tempat penampungan PMI secara ilegal.

"Pengawasan kami meliputi indekos-indekos yang disinyalir dijadikan tempat penampungan PMI ilegal yang akan diberangkatkan," katanya.

Keputusan pemerintah Indonesia menghentikan pengiriman PMI ke Malaysia diumumkan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah.

Keputusan itu diambil karena Malaysia tak mengikuti kesepakatan dalam MoU untuk menerapkan sistem satu kanal per 1 April 2022.

"Hal ini tentu tidak sesuai dengan kesepakatan dan komitmen kedua negara karena penempatan seharusnya menggunakan one channel system," kata Ida

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: