Pengakuan Miris Ibu di Sampit Tega Buang Bayi Kembar di Tempat Sampah

Sigit Dzakwan Pamungkas ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 09:28 WIB
Pengakuan Miris Ibu di Sampit Tega Buang Bayi Kembar di Tempat Sampah
Pelaku pembuang bayi saat menjalani pemeriksaan di Unit PPA Polres Kotawaringin Timur. (Foto: iNews/Sigit Dzakwan)

SAMPIT, iNews.id – Kasus penemuan bayi kembar laki-laki dalam tempat sampah di pinggir Jalan Muchran Ali, Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringn Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng) terungkap. Polisi menangkap pelaku yang tega membuang kedua bayi tersebut.

"Pelaku pembuang bayi kembar itu sudah kami tangkap. Dia merupakan ibu kandung dari kedua bayi," ujar Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Mohammad Rommel, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya, identitas pelaku yakni berinisial NR (25). Dia diamankan dalam rumah kontrakan di Jalan Samekto pada Rabu (18/3/2020) pukul 21.00 WIB. Selain NS, polisi juga membawa suaminya untuk diminta keterangan.

“Pengakuan pelaku, dia membuang bayi kembar tersebut lantaran takut kepada suaminya. Si suami ini tidak mau lagi menambah anak," katanya.

Selama ini, pelaku menyembunyikan kehamilannya. Dia mengaku ke suami jika sakit di bagian perut hingga mengalami pembengkakan.

"Suaminya percaya saja jika istrinya sedang sakit," ucapnya.

Menurut Rommel, pelaku melahirkan bayi kembar tanpa bantuan orang lain. Mulai dari peroses penguburan ari-ari hingga memotong tali pusar, semua dilakukan pelaku seorang diri.

Akibat perbuatannya, dia dikenakan Pasal 305 atau Pasal 308 KUHP tentang Penelantaran anak di bawah usia 7 tahun dengan ancaman hukuman 5-6 tahun penjara.

Kini, dua bayi laki-laki kembar tersebut masih dirawat dalam perawatan di RS Dr Murjani Sampit. Sementara pelaku dan suaminya menjalani pemeriksaan intensif di Polres Kotim.


Editor : Donald Karouw