Penampakan Ikan Duyung Berbobot 140 Kg Mati Terdampar di Pantai Pulau Bungkuk

Indra Yosserizal · Selasa, 09 Februari 2021 - 19:01:00 WIB
Penampakan Ikan Duyung Berbobot 140 Kg Mati Terdampar di Pantai Pulau Bungkuk
Petugas menguburkan bangkai ikan duyung di tepi Pantai Pulau Bungkuk, Kota Dumai, Riau, Selasa (9/2/2021). (Foto: iNews/Indra Yosserizal)

PEKANBARU, iNews.id – Seekor ikan duyung atau dugong berbobot 140 kilogram (kg) ditemukan mati di tepi pantai Pulau Bungkuk, Kota Dumai, Riau. Kematian mamalia laut langka yang dilindungi itu diduga akibat cuaca ekstrem di perairan laut Dumai.

Ikan duyung ini pertama kali ditemukan warga saat terdampar di tepi Pantai Pulau Bungkuk, Kecamatan Medan Kampai, Kota Dumai. Saat ditemukan, kondisi satwa dilindungi itu mulai rusak dan membusuk.

Tim penyelamat satwa dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menduga kematian satwa dengan nama latin Dugong dogon ini sudah berlangsung lima hari.

“Berdasarkan hasil identifikasi, dugong memiliki panjang 2 meter dengan bobot tubuh seberat 140 kilogram dan lingkar perut 40 sentimeter,” kata Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau Heru Sutmantoro, Selasa (9/2/2021).

Heru Sutmantoro mengatakan, pihaknya tidak menemukan ada luka atau sayatan pada tubuh satwa yang mengarah pada dugaan perburuan atau terjerat jaring nelayan. Ikan duyung itu diduga mati karena cuaca ekstrem di perairan laut Dumai usai mengalami disorientasi atau tersesat dari habitatnya. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: