Pemprov Riau Terapkan 7 Strategi Menjaga Ketahanan Pangan di Tengah Covid-19

Kurnia Illahi ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 07:41 WIB
Pemprov Riau Terapkan 7 Strategi Menjaga Ketahanan Pangan di Tengah Covid-19
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Syahfalefi. (Foto: iNews).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menerapkan 7 strategi dalam rangka menjaga ketahanan pangan di tengah wabah virus corona (Covid-19). Strategi tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Riau.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Syahfalefi mengatakan 7 stretegi itu, pertama mengoptimalkan Dewan Ketahanan Pangan di Provinsi Riau yang melibatkan berbagai instansi. Kedua, menjalin kerja sama dengan provinsi yang surplus pangan. Salah satunya Provinsi Sumatera Barat.

Ketiga, membuat cadangan pangan bekerja sama dengan Bulog. Keempat, mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan di perkarangan agar mengembangkan tanaman pangan, seperti jagung.

Kelima, meningkatkan luas tanam melalui program penambahan area tanam baru (PATB). Keenam mendorong masyarakat kelompok tani terutama ibu rumah tangga untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam jenis komoditi seperti cabai dan sayuran diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga di tengah wabah Covid-19.

Ketujuh, mendorong diversifikasi pangan jenis sagu dan umbi-umbian. "Inilah 7 strategi secara umum yang kita terapkan di dalam menjaga ketahan pangan disamping kita juga berharap dengan adanya sgtrategi ini komditi tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau," ujarnya dalam acara Webinar Leader Talk iNews bertajuk, Strategi Ketahanan Pangan dan Industri di Riau Pada Masa Covid-19 secara virtual, Kamis (15/10/2020).
.


Editor : Kurnia Illahi