Pemprov Babel Sulap 178 Hektare Lahan Eks Tambang Jadi Kebun Jambu Mete

Haryanto · Selasa, 29 September 2020 - 19:45:00 WIB
Pemprov Babel Sulap 178 Hektare Lahan Eks Tambang Jadi Kebun Jambu Mete
Gubernur Babel Erzaldi Rosman, meninjau lahan eks tambang yang ditanam jambu mete, di Desa Kerakas, Bangka Tengah. (Foto: iNews/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memanfaatkan lahan eks tambang di Desa Kerakas, Kecamatan Sungai Selatn, Bangka Tengah dengan ditanami jambu mete. Upaya itu diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan, jambu mete merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi petani. Selain harganya cukup bagus, saat ini sudah ada investor yang membelinya.

Karena itu, kata dia, pemprov mengajak masyarakat memanfaatkan potensi tersebut, apalagi budi daya jambu mete dalam waktu 2,5 tahun sudah dapat dipanen dan tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga mudah dibudidayakan.

"Jambu mete ini diambil bijinya. Untuk kacang mete, harganya bagus, ada pembelinya, 2,5 tahun sudah panen. Jambu ini ditanam di lahan eks tambang, di Desa Kerakas banyak lahan ini," ungkap Erzaldi, Selasa (29/9/2020).

Erzaldi menjelaskan, untuk program budi daya jambu mete di Babel telah ditanam pada lahan eks tambang seluas 178 hektare yang tersebar di beberapa wilayah. 

"Petani agar serius menggarap lahan yang ada, pemprov akan memberikan bibit yang baik serta pupuk supaya hasil pertanian maksimal," katanya.

Untuk mendorong petani dalam menekuni usaha pertanian, pemprov akan membangun jalan pertanian di desa. Selain itu, Erzaldi juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan potensi lain di pedesaan seperti sawah.

"Harus banyak macam komoditi yang kita lakukan, karena dapat menutupi komoditi yang rendah harganya," ujarnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: