Pemkab Halmahera Tengah Gelontorkan Rp100 Miliar untuk Bangun Jalan

Antara ยท Minggu, 16 Februari 2020 - 03:00 WIB
Pemkab Halmahera Tengah Gelontorkan Rp100 Miliar untuk Bangun Jalan
Sejumlah ruas jalan telah dibangun di berbagai kabupaten/kota di Maluku Utara. (Foto: Antara)

HALMAHERA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah (Halteng), Provinsi Maluku Utara (Malut) akan menggelontorkan dana sebesar Rp100 miliar. Dana itu digunakan untuk membangun ruas jalan yang menghubungkan berbagai kecamatan di Halteng.

"Kami targetkan untuk tahun 2020 hingga 2021 nanti, seluruh jalan di kecamatan telah diaspal hotmix karena saat ini telah dilakukan peningkatan status jalan di kawasan Weda," kata Bupati Halteng Edi Langkara, Sabtu (15/2/2020).

Edi menambahkan, Pemkab Halteng merencanakan pembangunan infrastruktur baik jalan maupun jembatan di berbagai kecamatan, terutama yang menghubungkan ibu kota kabupaten maupun berbagai daerah yang masih terisolasi.

Selain itu, kata Edi, sejumlah ruas jalan ditargetkan akan dituntaskan pada 2020 seperti di Pulau Gebe dan berbagai kecamatan di Patani.

"Hal ini dilakukan agar dapat membuka akses perekonomian masyarakat setempat," kata Edi.

Saat ini Pemkab Halteng berupaya mengembangkan sejumlah jalan dan jembatan ke kawasan industri di Kabupaten Halteng. Rencananya, pengembangan jalan ini akan diselesaikan hingga tahun 2020 dengan panjang jalan di atas 30 kilometer.

Sementara itu, Kepala Balai Jalan Nasional Robi Abipramono mengatakan, jalan nasional di Malut sedang dilakukan pemiliharaan rutin dan saat ini sudah mencapai 94 persen.

"Yang belum dilakukan adalah jalan Halmahera Tengah yaitu Sagea-Patani sekitar 20 kilometer dan Weda-Sage sekitar 15 kilometer, kemudian Morotai-Waibula sekitar 23 kilometer," kata Robi.

Robi menambahkan, untuk Kabupaten Kepulauan Sula, jalan nasionalnya sudah ada. Saat ini, tinggal Pulau Gebe Halmahera Tengah yang belum membaik.

"Kemungkinan akan jadi program prioritas yang akan datang," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto