Pembunuh Ibu Kandung di Babel Peragakan 21 Adegan

Rachmat Kurniawan ยท Selasa, 09 Januari 2018 - 15:52:00 WIB
Pembunuh Ibu Kandung di Babel Peragakan 21 Adegan
Polisi menggiring tersangka pembunuhan ibu kandung di Desa Lubuk Pabrik, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung. (Foto: iNews/Rachmat Kurniawan)

BANGKA BELITUNG, iNews.id – Tersangka pembunuhan ibu kandung di Desa Lubuk Pabrik, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, menjalani rekonstruksi pembunuhan, Selasa (9/1/2018). Dalam rekonstruksi tersebut, tersangka Davi (26) memperagakan 21 adegan.

Untuk menghindari amuk massa yang kesal atas perbuatan pelaku, puluhan personel Kepolisian Resor (Polres) Bangka Tengah bersenjata lengkap diterjunkan ke lokasi mengamankan proses rekonstruksi. Polisi langsung menggiring pelaku dari mobil ke lokasi pembunuhan di rumahnya di Desa Lubuk Pabrik.

Proses rekonstruksi dimulai saat tersangka hendak memasak mi instan dan membersihkan ikan di dapur, hingga tersangka mengambil sebilah parang. Parang itulah yang dia gunakan membunuh ibu kandungnya, Hamidah (55), Senin 25 Desember 2017 malam. Pembunuhan terjadi saat ibu tersangka sedang menonton televisi, usai salat.

Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Bangka Tengah, AKP Samsul Bagra mengatakan, dari keterangan tersangka dan rekonstruksi yang digelar, motif pelaku membunuh ibu kandung karena kesal setelah ditegur. Tersangka menghabisi nyawa ibu kandungnya dengan sebilah parang yang diambil dari balik kulkas. “Korban tewas dengan luka bacok di bagian kepala,” ujar Samsul, Selasa (9/1/2018).

Dia menuturkan, rekonstruksi sempat ditolak pihak keluarga digelar di kediaman pelaku di Desa Lubuk Pabrik. Aparat kepolisian selanjutnya melakukan upaya negosiasi yang cukup alot hingga akhirnya rekonstruksi dapat dilakukan.

“Kami lakukan rekonstruksi biar jelas bagaimana pelaku dari awal sampai akhirnya melakukan pembunuhan kepada ibu kandungnya sendiri,” kata Samsul.

Hamidah diketahui tewas di tempat kejadian dengan luka di kepala setelah dibacok parang oleh putranya. Kejadian tersebut berlangsung cepat dan diketahui kakak pelaku yang langsung mengamankan dia seusai melancarkan aksi kejinya itu.

Ketua RT Desa Lubuk Pabrik, Sahid menuturkan, tetangga dekat korban tidak ada yang mengetahui kasus pembunuhan itu. Saat kejadian, mereka tidak mendengar suara teriakan korban. “Tiba-tiba ada kabar kalau Ibu Hamidah meninggal dibunuh anaknya sendiri. Ada warga yang masuk ke rumah korban keluar lagi karena tidak kuat melihat jenazah korban,” kata Sahid.

Editor : Dony Aprian