Pemakai Narkoba yang Ditangkap BNNK Kolaka Kabur Usai Dijenguk Istri

Asdar Lantoro ยท Selasa, 27 November 2018 - 16:11 WIB
Pemakai Narkoba yang Ditangkap BNNK Kolaka Kabur Usai Dijenguk Istri
Kepala BNNK Kolaka Eryan Noviandi memberikan keterangan mengenai salah seorang pengguna narkoba yang kabur, Minggu pagi (25/11/2018). (Foto: iNews/Asdar Lantoro)

KOLAKA, iNews.id – Akibat kelalaian petugas, satu dari dua orang pemakai narkoba yang ditangkap Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Jumat (23/11/2018) lalu, berhasil kabur dari Kantor BNNK Kolaka.

Terduga pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu, Umar (39), melarikan diri usai dijenguk oleh istrinya pada Minggu pagi (25/11/2018) lalu. Dia berhasil menerobos ventilasi udara yang ada di gudang Kantor BNNK Kolaka, Jalan Pendidikan, Kelurahan Balandete, Kecamatan Kolaka.

Kepala BNNK Kolaka Eryan Noviandi mengatakan, pelarian Umar bermula saat dia dikunjungi oleh istrinya pada Minggu pagi (25/11/2018), sekitar pukul 08.00 WITA. Saat istrinya pulang, Umar pamit kepada petugas BNNK Kolaka yang menjaganya untuk ke buang air kecil ke kamar mandi.

BACA JUGA:

BNN Sita 38 Kg Sabu dan 30.000 Pil Ekstasi di Perairan Langsa Aceh

DPO Pemasok Narkoba ke Mantan Anggota DPRD Langkat Ditembak Mati BNN

Umar diizinkan ke kamar mandi seorang diri, tanpa pengawasan petugas BNNK Kolaka. Dia pun memanfaatkan peluang tersebut untuk melarikan diri. Dengan posisi satu tangan terpasang borgol, dia bisa menerobos ventilasi udara yang ada di dalam gudang.

Setelah beberapa lama tak kunjung keluar dari kamar mandi, petugas BNNK Kolaka baru mengetahui Umat sudah melarikan diri. Petugas langsung melakukan pencarian. Hingga kini terduga pelaku kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) BNNK Kolaka.

“Ada ketidaksigapan para anggota yang menjaga, ada kelalaian petugas. Harusnya berdasarkan SOP yang ada, ditemani sampai ke kamar mandi, tapi itu tidak dilakukan. Akibatnya, yang bersangkutan kabur. Statusnya saat ini DPO,” kata Eryan Noviandi.

Umar ditangkap di rumahnya Jalan H Laruru, Kelurahan Kolakaasi, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, saat sedang mengisap narkotika jenis sabu, Jumat siang (23/11/2018) lalu. Umar digelandang ke Kantor BNNK Kolaka bersama seorang rekannya Risal alias Goleng bersama sejumlah barang bukti berupa sisa sabu hasil pemakaian dan alat isap sabu.

Petugas BNNK Kolaka bersama anggota Satres Narkoba Polres Kolaka sudah menggerakkan Satgas Antinarkoba yang ada di pelosok-pelosok untuk mencari keberadaan pelaku.


Editor : Maria Christina