Pelabuhan Padang Bai Bali Diperbaiki, Kendaraan Menumpuk di Lombok Barat

Muzakir ยท Selasa, 10 Desember 2019 - 15:30 WIB
Pelabuhan Padang Bai Bali Diperbaiki, Kendaraan Menumpuk di Lombok Barat
Sejumlah truk menunggu jadwal menyeberang di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Selasa (10/12/2019). (Foto: iNews/Muzakir)

LOMBOK BARAT, iNews.id – Antrean kendaraan mengular di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Selasa (10/12/2019). Hingga siang hari, panjang antrean kendaraan yang didominasi truk itu mencapai sekitar 800 meter.

Kapolsek Pelabuhan Lembar Iptu I Wayan Sugiana mengatakan antrean panjang terjadi akibat adanya perbaikan dermaga I di Pelabuhan Padang Bai Bali. Sehingga hanya ada satu dermaga yang bisa dioperasikan di Pelabuhan Padang Bai.

Perbaikan itu diperkirakan selesai hari ini. Tapi menurutnya pihak pelabuhan belum bisa memastikan kapan mengoperasikan dermaga I Pelabuhan Padang Bai.

BACA JUGA: Pelabuhan Kuala Tanjung Resmi Jadi Bagian Jalur Sutra China

“Sejak tiga hari yang lalu perbaikan sudah dilakukan di sana. Hari ini diperkirakan selesai. Untuk mengantisipasi hal tersebut pihak pelabuhan sudah menata jadwal sehingga antrean kapal mengapung hanya sekitar tiga. Namun pihak pelabuhan belum memberi tahu kapan dermaga I Pelabuhan Padang Bai bisa beroperasi,” ujarnya ditemui di lokasi.

Dia menjelaskan pihak Polsek Pelabuhan Lembar sudah melakukan antisipasi mengularnya antrean kendaraan tersebut. I Wayan Sugiana memastikan panjangnya antrean bukan disebabkan peningkatan arus kendaraan.

BACA JUGA: Detik-Detik 3 Kapal Motor Tabrakan Terbawa Arus Laut di Pelabuhan Bakauheuni

Oleh sebab itu dia meminta pihak pelabuhan bisa segera membuka dermaga I Pelabuhan Padang Bai sehingga bisa mengakomodasi lalu lintas. I Wayan Sugiana juga meminta masyarakat yang akan menyebrang untuk mengantisipasi antrean yang panjang.

Masyarakat diminta tak membawa barang berlebihan yang dapat merepotkan diri sendiri. Dia juga menjelaskan panjangnya antrean bisa mempengaruhi aktivitas bongkar muat barang.


Editor : Rizal Bomantama