PDP Virus Korona di RSUD Ulin Banjarmasin Berusia 58 Tahun Meninggal Dunia

Denny M Yunus ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 17:30:00 WIB
PDP Virus Korona di RSUD Ulin Banjarmasin Berusia 58 Tahun Meninggal Dunia
Kepala Dinas Kesehatan Kalsel M Muslim saat konferensi pers terkait meninggalnya PDP virus korona, Rabu (18/3/2020) siang.

BANJARMASIN, iNews.id - Pasien dalam pengawasan (PDP) suspect virus korona (Covid-19) di Rumah Sakit Umum Daerah Ulin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan meninggal dunia, Rabu (18/3/2020) dini hari. PDP ini mengembuskan napas terakhir saat sampel lendir dari saluran pernapasan atau tes swabnya masih diuji di Laboratorium Litbang Kemenkes. Sehingga belum bisa dipastikan positif terinfeksi korona.

“Pasien dengan identitas Ulin Enam itu meninggal dunia saat diisolasi di Ruang Bougenville RSUD Ulin, Banjarmasin, Rabu dini hari sekitar pukul 00.15 Wita,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalsel M Muslim, Rabu (18/3/2020) siang.

Muslim yang juga sekretaris dan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalsel ini menerangkan, PDP berjenis kelamin laki-laki usia 58 tahun itu dirujuk ke RSUD Ulin, Senin 16 Maret dari salah satu rumah sakit swasta di Banjarmasin.

“Saat dirujuk kondisi kesehatannya tidak stabil seperti mengalami sesak napas, suhu badan di atas 38 derajat celcius serta tensi darah rendah,” beber dia.


Selain itu, pasien memiliki riwayat penyakit pneumonia atau radang paru serta diabetes dan sempat menjalani perawatan di Yogyakarta.

“Saat di ruang isolasi petugas medis sempat mengambil sampel cairan lendir dan saluran pernafasan untuk dites swab di Laboratorium Litbang Kemenkes RI. Tapi belum sempat hasilnya keluar yang bersangkutan meninggal dunia,” kata Muslim.


Saat ini, kata dia, RSUD Ulin masih mengisolasi enam pasien suspect korona. Lima pasien merupakan rujukan yang diisolasi sejak akhir pekan lalu. Dari kelima suspect ini hanya nomor satu yang kondisinya belum stabil. Sedangkan pasien nomor dua hingga lima dinyatakan kesehatannya stabil.

“Begitu pula pasien ulin 7 yang masuk pada Selasa 17 Maret yang merupakan ABK sebuah kapal ini juga dalam kondisi stabil meski mengalami batuk pilek. Namun tujuh pasien dalam pengawasan ini masih tetap menjalani isolasi. Karena menunggu hasil uji lab sampel swabnya untuk memastikan positif tidaknya terinfeksi korona,” ujarnya.

Editor : Kastolani Marzuki