Pangdam IX Udayana Minta Satgas Pamtas RI-RDTL Bantu Tingkatkan Perekonomian Warga Perbatasan

Antara · Kamis, 04 Maret 2021 - 13:39:00 WIB
Pangdam IX Udayana Minta Satgas Pamtas RI-RDTL Bantu Tingkatkan Perekonomian Warga Perbatasan
Pangdam IX/Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Denpasar, Bali, Jumat (11/12/2020) ( Antara)

KUPANG, iNews.id- Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak memerintahkan personel Satgas Pamtas RI-RDTL membantu warga di perbatasan. Hal itu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Satgas sebelumnya seperti yang saya terima laporan, sudah bekerja dengan sangat bagus yakni membantu warga di perbatasan," kata Mayjen TNI Maruli Simanjuntak di Kupang, Kamis (4/3/2021).

Ada dua batalyon personel TNI AD yang tiba di Kupang yakni Satuan Yonif 742/Satria Wira Yudha yang bermarkas di Mataram NTB dan Yon Armed 6/Tamarunang Div 3 Kostrad yang bermarkas di Makassar. Dua batalyon itu bertugas untuk menjaga wilayah perbatasan RI-RDTL.

Yonif 742/Satria Wira Yudha bertugas di sektor Timur di Kabupaten Belu. Lokasi ini sebelumnya ditempati oleh Yonif Raider Khusus 744/SYB.

Sementara, Yon Armed 6/TMR Divisi 3 Kostradbertugas di sektor Barat kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Lokasi ini sebelumnya ditempati oleh Yon Armed 3/105 Tarik Magelang Kodam IV Diponegoro.

Menurut Maruli,  personel TNI di perbatasan akan memodifikasi. Modifikasi itu agar maksimal membantu masyarakat sekitarnya.

"Nanti kita akan modifikasi lagi, terkait bagaimana membantu masyarakat sekitarnya. Mungkin perlu ditingkatkan lagi seperti masalah pengairan," ujar dia.

Terlebih lagi, saat ini sudah ada beberapa kegiatan dari pemerintah daerah termasuk peternakan dan pertanian. Kegiatan itu diharapkan akan ditindaklanjuti oleh satgas pamtas yang baru.

Editor : Ibnu Hariyanto