Nyalakan Api dengan Minyak Tanah, Tubuh Nenek Sapiah Malah Terbakar

Jamal Pangwa ยท Selasa, 13 Oktober 2020 - 11:05:00 WIB
Nyalakan Api dengan Minyak Tanah, Tubuh Nenek Sapiah Malah Terbakar
Nenek Sapiah terbakar saat menyalakan api dengan minyak tanah (Foto: iNews/Jamalpangwa)

ACEH, iNews.id - Nenek Sapiah Harun (80) warga Desa Peulakan Tambo, Kecamatan Bandar Dua Ulee Glee, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, terbakar saat menyalakan kompor. Nenek itu tersampar api yang dinyalakannya dengan minyak tanah.

Hampir seluruh Nenek Sapiah di terbalut perban akibat luka bakar saat memasak ikan di dapur rumahnya. Sapiah tinggal dengan saudaranya Tihawa (75) yang juga sudah lanjut usai.

Peristiwa nahas itu yang dialami nenek Sapiah ini terjadi beberapa hari lalu sekitar pukul 10.30 WIB. Tihawa mengatakan, kala itu nenek Sapiah hendak menghidupkan api.

Agar kayu mudah terbakar, Sapiah menuangkan sedikit minyak tanah. Namun tak diduga minyak yang di tuangkan itu jatuh tak beraturan dan mengenai baju Sapiah. Api langsung menyambar tubuh terutama bagian muka, kepala hingga rambutnya ikut terbakar.

Saat itu, Sapiah hanya sendirian di dapur. Dengan kepayahan apalagi kakinya yang memang tidak bisa bergerak, nenek itu berupaya keras merangkak pelan mundur. Sementara Tihawa yang berada di kamar depan baru mengetahui setelah masuk dan hendak ke dapur.

Keponakan Sapiah, Sakdiah mengatakan, kedua nenek itu menjalani hidup seadanya. Untuk hidup sehari-hari mereka mengandalkan bantuan warga yang murah hati.

"Mereka memang hidup berdua saja. Kalau untuk makan biasanya mengandalkan bantuan warga sekitar, ucap Sakdiah.

Editor : Nani Suherni