Nelayan Tarakan Kaltara Diminta Waspada Adanya Aksi Penculikan di Perairan Sabah

Antara ยท Sabtu, 02 November 2019 - 11:15 WIB
Nelayan Tarakan Kaltara Diminta Waspada Adanya Aksi Penculikan di Perairan Sabah
Ilustrasi kapal asing. (Foto: Istimewa).

TARAKAN, iNews.id - Nelayan di pesisir pantai Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), diminta berhati-hati saat melaut. Mereka diharapkan waspada terhadap penculikan oleh kelompok Abu Sayyaf di perairan Sabah, Malaysia.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kota Tarakan, Syahruddin mengatakan, kelompok mereka diduga kerap berpindah-pindah dari kawasan Tawi-Tawi ke Semporna.

"Kami minta para nelayan membawa kapal-kapalnya berlayar menghindari kelompok tersebut," kata Syaharuddin di Kota Tarakan, Kaltara, Sabtu (2/11/2019).

BACA JUGA: Anak TK Korban Penculikan di Tasikmalaya Ditemukan Selamat, Polisi Tangkap Penculik

Menurut dia, sasaran kelompok Abu Sayyaf ini yakni wisatawan asing dan kapal-kapal yang melintas di kawasan Semporna, Sabah, Malaysia. Peringatan ini juga sudah disampaikan oleh Vessel Trafic Service (VTS) Distrik Navigasi.

"Kami juga sudah menyampaikan ke nakhoda melalui agen pelayaran dan distrik navigasi Tarakan untuk dapat menyebarluaskan berita peringatan itu," ujarnya.

Saat ini, KSOP Tarakan masih akan menunggu perkembangan selanjutnya terkait aksi tersebut yang akan dilakukan kelompok tersebut. Sementara ini, nelayan dan nakhoda kapal dapat menghindari jalur pelayaran tersebut, dan mencari rute alternatif.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal