Nelayan dan Nahkoda Kapal Diminta Waspadai Perampokan di Selat Bangka

Antara ยท Selasa, 10 Desember 2019 - 11:15:00 WIB
Nelayan dan Nahkoda Kapal Diminta Waspadai Perampokan di Selat Bangka
Ilustrasi aksi perompakan. (Foto: Istimewa).

PANGKALPINANG, iNews.id - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam meminta nelayan dan nahkoda mewaspadai aksi perompakan di Perairan Selat Bangka. Kejahatan di laut ini marak terjadi jelang natal dan pergantian tahun.

Petugas Status Hukum dan Sertifikasi Kapal KSOP Pangkalbalam, Harlansyah mengatakan, perompak ini terbilang sadis. Mereka tak segan-segan melukai dan membuang korbannya ke laut.

"Para perompak ini bersenjata api, senjata tajam untuk melukai korbannya. Mereka dalam beraksi tidak pilih-pilih, semua kapal yang melewati perairan Selat Bangka tersebut menjadi sasarannya," kata Harlansyah di Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), Selasa (10/12/2019).

Menurut dia, aksi mereka mulai marak, karena pelayaran kapal mengalami peningkatan. Pemilik barang di Babel memperbanyak pasokan serta stok kebutuhan pokok mengantisipasi permintaan masyarakat merayakan hari besar keagamaan umat Kristiani tersebut.

Saat ini, KSOP bersama kepolisian akan lebih mengintensifkan patroli di perairan rawan kejahatan perompakan ini untuk mencegah kejahatan ini di akhir tahun.

"Dalam bulan ini, kita bersama Satpolair Polda Kepulauan Babel berhasil mengungkap dua kasus perompakan di Selat Bangka," ujarnya.

Menurut dia kejahatan perompakan ini sangat rawan terjadi di Selat Bangka, karena berdekatan dengan Pulau Sumatera sehingga pelaku kejahatan di laut ini diduga orang-orang di pulau tersebut.

"Hasil pengungkapan kasus perompakan yang ditangani kepolisian, rata-rata pelaku kejahatan ini berasal dari Pulau Sumatera," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: