Negara Tanggung Biaya Pemulangan WNI dari Natuna ke Daerah Asal

Antara ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 17:25 WIB
Negara Tanggung Biaya Pemulangan WNI dari Natuna ke Daerah Asal
WNI yang diobserbvasi di Natuna setelah dievakuasi dari Wuhan, China akibat Korona (Antara)

TANJUNGPINAN, iNews.id - Biaya pemulangan ratusan warga negara Indonesia (WNI) yang diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau ditanggung oleh negara. 238 WNI itu sebelumnya diobservasi di Natuna karena baru dipulangkan dari Wuhan, China, terkait wabah virus korona.

"Pemulangan WNI yang menjalani observasi selama 14 hari di Natuna setelah dievakuasi dari Wuhan, China, dibiayai oleh negara," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Tjetjep Yudiana, Jumat (14/2/2020).

Tjetjep menambahkan, setelah masa observasi di Natuna berakhir pada Sabtu (15/2/2020) mereka akan diberangkatkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta untuk kemudian dipulangkan ke daerah asal.

"Tim hanya mendampingi sampai di Bandara Halim Perdanakusuma, kemudian mereka pulang ke daerah asalnya masing-masing," kata dia.

Lebih lanjut Tjejep mengatakan, kemungkinan WNI ini akan tiba di Jakarta pada Minggu sore (16/2/2020).

"Kemungkinan ada yang tidak mendapatkan tiket pesawat hari itu juga. Mereka diberi fasilitas menginap selama semalam," imbuhnya.

Tjetjep mengatakan, seluruh WNI yang menjalani observasi di Natuna tidak terinfeksi virus korona sehingga tak perlu takut atau khawatir.

"Mereka bersih, sehat, tidak membawa virus korona. Jadi mereka sama seperti kita, tidak perlu dijauhi," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto