Museum Glenn Fredly Akan Dibangun di Ambon

Antara ยท Selasa, 14 April 2020 - 09:28 WIB
Museum Glenn Fredly Akan Dibangun di Ambon
Glenn Fredly. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kepergian musisi Glenn Fredly masih menyisakan duka. Untuk mengenangnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berencana untuk mendirikan museum atau membuat buku yang berisi perjalanan hidup Glenn Fredly.

Hal ini disampaikan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy saat diskusi virtual bertema “Jejak Musikalitas Glenn Fredly Untuk Negeri” bersama sejumlah tokoh industri kreatif dan pelaku seni serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio, Senin (13/4/2020).

"Sosok Glenn Fredly menjadi inspirasi bagi masyarakat Ambon. Saya berniat ingin mengenang dan menjadikan kisah Glenn Fredly dalam museum atau sebuah buku, yang nantinya dapat menjadi referensi bagi masyarakat Ambon dan sekaligus untuk musisi Indonesia," ujarnya.

Menurutnya dalam banyak hal, Glenn identik sekali dengan Ambon City of Music.

"Setiap saya bertemu dengan orang-orang, yang selalu ditanyakan adalah Glenn. Dia menjadi personifikasi yang luar biasa. Dia mewarisi semangat itu bagi kami. Harapan kami, sosok Glenn bisa dikenang terus dan setelah pandemi Covid-19, kami harapkan bisa mewujudkan cita-cita Glenn,” katanya.

Diketahui, saat ini Kota Ambon telah ditetapkan sebagai Kota Musik oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan dunia (UNESCO). Banyak musisi kenamaan yang berasal dari daerah ini.

“Banyak artis di Indonesia, namun Glenn menjadi satu sosok yang berbeda. Tidak hanya di musik. Dia juga selaku inspirator bagi artis dan masyarakat dalam menggerakkan hal-hal apapun. Dan selalu menjadi inisitor tanpa melihat SARA. Sosoknya langka di Indonesia dan kami semua merasa kehilangan," ujar wali kota.


Editor : Donald Karouw