Mesin Rusak, Kapal Angkut 112 Penumpang Nyaris Tenggelam di Banggai Kepulauan Sulteng

Jemmy Hendrik ยท Selasa, 31 Desember 2019 - 16:33 WIB
Mesin Rusak, Kapal Angkut 112 Penumpang Nyaris Tenggelam di Banggai Kepulauan Sulteng
Kapal tol laut KM Shimpo 16 yang mengangkut semen mulai miring sebelum tenggelam di sekitar Pelabuhan Lewoleba, Kota Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata, Provinsi NTT, Selasa (10/12/2019). (Foto: Antara)

BANGGAI KEPULAUAN, iNews.id - Kapal motor (KM) Eklesia yang membawa 112 penumpang nyaris tengelam akibat kerusakan mesin saat berlayar di perairan Desa Lokotoy, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (31/12/2019).

Beruntung, kapal itu dengan cepat ditarik KM Sabuk Nusantara 59 ke Pelabuhan Banggai Laut. Tim Basarnas dan KP3 kemudian mengevakuasi seluruh penumpang.

Kepala Kantor SAR Palu, Basarno mengatakan, KM Eklesia merupakan kapal penumpang antarapulau yang mengalami kerusakan mesin saat dalam perjalanan dari Pelabuham Luwuk Banggai menuju Pelabuhan Banggai Laut.

“Kapal Eklesia berhasil diselamatkan dengan kapal motor tol laut saat melintas di lokasi tersebut. Kapal sudah nyaris tenggelam, tapi bisa diselamatkan. Seluruh penumpang yang berada di kapal tersebut juga selamat dan sudah dievakuasi,” katanya.

Dalam penyelamatan itu, beberapa speedboat yang beroperasi di wilayah Banggai Laut juga terlihat ikut mengawal perjalanan kapal nahas itu hingga masuk ke teluk.


Editor : Kastolani Marzuki