Menyamar Jadi Nelayan, Tahanan DPO Ditangkap Polda Sultra

Febriyono Tamenk · Senin, 24 Mei 2021 - 10:37:00 WIB
Menyamar Jadi Nelayan, Tahanan DPO Ditangkap Polda Sultra
Polda Sultra menangkap tahanan DPO. Foto: Febriyono Tamenk

KENDARI, iNews.id - Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menangkap M, tahanan yang melarikan diri dan telah dinyatakan buron (DPO) sejak dua pekan lalu. M ditangkap di kapal motor (KM) Matoangin ketika penyamarannya sebagai nelayan terungkap.

Kabid Humas Polda Sultra, Ferry Walintukan, mengatakan, M lari dari rumah tahanan Polda ketika tahanan sedang berbuka puasa pada Bulan Ramadan. Dia telah masuk DPO selama 12 hari.

"Sudah DPO dari 12 hari yang lalu. Dia lari dari tahanan," kata Ferry di Polda Sultra, Senin (24/5/2021).

M ditangkap oleh belasan anggota personel dari Ditres Narkoba Polda Sultra dan Pol Air yang berpakaian preman di atas KM Matoangin. Tim sudah mendeteksi keberadaannya sejak beberapa hari yang lalu.

Menurut Ferry, M menyamar menjadi nelayan untuk keluar dari daerah Kendari. Dia menunggu waktu yang tepat agar KM Matoangin melaut ke Laut Banda.

"Modusnya mau keluar dari Kendari ikut kapal motor yang mencari ikan, yang bertujuan ke Laut Banda," tuturnya.

M ditangkap ketika KM Matoangin berada di perairan Teluk Kendari. Sejumlah anggota langsung naik ke kapal Matoangin untuk melumpuhkan yang bersangkutan.

"Sekarang pelaku telah diamankan kemudian dibawa ke Markas Brimob Polda Sultra untuk dilakukan pemeriksaan," kata Ferry.

Editor : Erwin C Sihombing