Menparekraf Beri Perhatian Lebih ke Labuan Bajo, Dorong Pariwisata Hijau dan Regeneratif

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kampanye '100% Murni, 100% Petualangan Indonesia'. Kegiatan ini merupakan salah satu aktivasi Co-Branding Wonderful Indonesia dengan Aqua dalam mempromosikan potensi destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan.
Apresiasi ini disampaikan saat Menparekraf Sandiaga Uno meresmikan Kick Off Co-Branding Wonderful Indonesia X AQUA-Wonderful Trip '100% Murni, 100% Petualangan Indonesia' di Hotel Ayana Komodo Waecicu Beach, Rabu (29/5/2024).
Menparekraf mengatakan, kampanye ini selaras dengan semangat Pemerintah Indonesia yang memprioritaskan pariwisata hijau (green tourism) dan menuju pariwisata regeneratif.
“Kami mengapresiasi kerja sama ini dan berharap pariwisata hijau ini akan terus berlangsung dan berkelanjutan untuk menjaga kelestarian alam dan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat kita. Labuan Bajo ini juga tentunya menjadi destinasi super prioritas yang kita harapkan mendapat perhatian khusus, perhatian lebih,” ujar Sandiaga dikutip dari laman Kemenparekraf, Kamis (30/5/2024).
Dia menjelaskan, konsep pariwisata regeneratif ini merupakan sebuah filosofi yang bertujuan tidak hanya untuk meminimalkan dampak negatif pariwisata, tetapi juga secara aktif berkontribusi pada regenerasi ekosistem, ekonomi dan budaya lokal.
“Jadi, konsep regenerative tourism ini juga tentang bagaimana kita menghadirkan ekonomi lokal yang terdampak,” katanya.
Selain itu, Menparekraf mengungkapkan konsep pariwisata hijau Indonesia mendapat apresiasi dunia. Pariwisata Indonesia kembali meraih prestasi gemilang menurut Travel and Tourism Development Index (TTDI) yang dirilis World Economic Forum (WEF) pada 21 Mei 2024.
Indonesia menempati peringkat 22 dari 119 negara dengan skor 4,46, naik 10 peringkat dari tahun 2021. Dengan peringkat baru ini, Indonesia berhasil melewati ranking Malaysia, Thailand dan Vietnam perihal daya saing pariwisata.
“Walaupun netizen kerap mengeluh pariwisata kita ABC, tapi dunia menilai pariwisata kita adalah pariwisata yang berhasil mewujudkan pariwisata hijau, green tourism,” ucapnya.
Sementara VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menyampaikan, melalui kampanye '100% Murni, 100% Petualangan Indonesia' diharapkan tumbuh rasa kepedulian masyarakat dalam menjaga kelestarian alam Indonesia saat berwisata.
“Kami punya komitmen untuk menjaga keberlangsungan sumber daya alam kita. Jadi kami ingin masyarakat tidak hanya meninggalkan foto, konten, tetapi juga tidak meninggalkan sampah, jejak emisi dan jejak yang berdampak pada lingkungan,” kata Vera.
Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini, Staf Ahli Menparekraf Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf/Baparekraf Fadjar Hutomo, Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Yohanes De Britto Titus Haridjati dan Plt Direktur Utama BPOLBF Frans Teguh.
Editor: Donald Karouw