Mengenal Monica Putri Rasyid, CEO Klinik Bisnis yang Peduli UMKM di Masa Pandemi Covid-19

syarif wibowo ยท Senin, 29 Maret 2021 - 18:26:00 WIB
Mengenal Monica Putri Rasyid, CEO Klinik Bisnis yang Peduli UMKM di Masa Pandemi Covid-19
Monica Putri Rasyid, CEO Klinik Bisnis (KB)

KOTAWARINGIN BARAT, iNews.id - Namanya mungkin belum banyak dikenal saat ini. Namun, karya dan dedikasinya untuk kaum akar rumput di Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai jadi perbincangan banyak pihak. 

Dia adalah Monica Putri Rasyid, CEO Klinik Bisnis (KB) dan Abdul Rasyid Foundation (ARF). Putri pasangan pengusaha nasional Abdul Rasyid dan Nuriyah ini kini mulai menekuni dunia sosial dengan mendirikan Klinik Bisnis.

Sementara itu, kiprahnya pada ARF lebih mengarah pada bantuan di bidang pendidikan. Tak terkecuali, untuk memberikan bantuan kepada putra-putri di Kalteng yang membutuhkan biaya sekolah hingga kuliah. 

Didirikannya Klinik Bisnis yang berkantor di Palangka Raya ini ditujukan untuk memberikan suntikan dana segar mencapai Rp250 juta pada 2021 kepada puluhan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kalimantan Tengah. Pihaknya memberikan dukungan secara moril dan materiil kepada pelaku UMKM di Kalteng yang sempat terpuruk di masa pandemi Covid-19.

“Dampak yang paling terasa di masa pandemi Covid-19, dialami pelaku UMKM. UMKM paling terpukul jika dibandingkan dengan perusahaan yang besar, dari situlah saya mendirikan Klinik Bisnis ini untuk menguatkan mereka supaya bisa bangkit lagi,” ujar Alumni Bond University Australia ini kepada MNC Media, Minggu (28/3/2021).

Monica menjelaskan, pemilik UMKM masih belum memiliki sistem atau infrastruktur yang baik dari sisi finansial dan manajemen. Oleh karena itu, Klinik Bisnis hadir memberikan solusi nyata dengan membantu usaha UMKM untuk bangkit dan mendapat bantuan materi secara cuma-cuma. 

“Indikator keberhasilan sebuah daerah atau wilayah salah satunya adalah dari sisi ekonomi. Kemudian, pertumbuhan ekonomi akan terlihat dari meningkatnya jumlah enterprenuer yang awalnya bermula dari tingkatan UMKM yang terus berkembang menjadi usaha besar,” ucapnya.

Gerakan UMKM yang memiliki peran penting inilah, lanjut Monica, yang perlu diberdayakan. Pihaknya bahkan turut membantu dalam mengembangkan usaha, memperluas jaringan, serta dana.

“Kami Yayasan Abdul Rasyid Foundation berupaya menjadi penghubung bagi UMKM untuk kesejahteraan masyarakat,” tutur Monica.

Tak hanya itu, saat ini dirinya ingin dapat merangkul anak-anak muda yang ingin berwira usaha dan mempertanyakan ‘bagaimana caranya untuk sukses’.

“Jadi, kehadiran Klinik Bisnis adalah keberlanjutan dari kegiatan ARF selama ini. Klinik Bisnis adalah platform yang independen di bawah naungan ARF. Adapun strategi yang kami jalankan adalah menghadirkan bimbingan wirausaha dari para ahli professional dibidangnya, membuka perluasan jaringan/ networking untuk mitra klinik bisnis, pendidikan dengan beragam fasilitas dan pemberian bantuan dana,” katanya.

Wakil Direktur Komersial PT SSMS & CBI Group ini juga menjelaskan, ciri khas dari Klinik Bisnis adalah para pegiat di dalamnya yang merupakan generasi milenial asli Kalimantan Tengah. Mereka mendedikasikan dirinya untuk bangsa Indonesia, sesuai dengan tagline KB, yaitu #darikaltenguntukIndonesia. 

“Jadi, harapan kami di angkatan pertama ini sementara baru 25 UMKM yang mendapat bantuan dengan total Rp250 juta, ke depan pasti akan terus berkembang. Untuk saat ini program KB baru dimulai dan memang fokus untuk daerah Kalimantan Tengah. Namun, ke depannya mimpi kami bisa menjangkau ke seluruh wilayah di Indonesia,” tuturnya.

Monica juga menaruh harapan kepada para pemuda di Indonesia untuk menyadari bahwa langkah pertama untuk menggapai kesuksesan adalah dengan memiliki impian. 

“Dengan adanya impian, kita akan lebih terarah dan termotivasi. Selain itu, penting bagi para pemuda Indonesia untuk menyadari pentingnya berinvestasi dalam pengembangan diri dengan terus menambah ilmu pengetahuan, mengembangkan relasi atau ujaringan, serta mengembangkan keterampilan,” ucap Monica. (CM)

Editor : Syarif Wibowo

Bagikan Artikel: