Lukas Enembe Diminta Bangun Komunikasi Konstruktif, Bukan Press Release

Kiswondari ยท Sabtu, 01 Mei 2021 - 09:53:00 WIB
Lukas Enembe Diminta Bangun Komunikasi Konstruktif, Bukan Press Release
Gubernur Papua Lukas Enembe. Foto: Okezone

JAKARTA, iNews.id - Pernyataan Gubernur Papua Lukas Enembe, meminta pemerintah pusat mengkaji ulang pelabelan teroris kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, disesalkan banyak pihak. Terlebih pernyataan tersebut disebar melalui press release kepada media.

Hal itu diungkapkan oleh Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Gerindra, Yan Permanes, merespons pernyataan Lukas Enembe yang telah ramai diberitakan media belum lama ini. Sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat, Enembe seharusnya membangun komunikasi konstruktif untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayahnya.

"Jadi saya pikir tidak sepantasnya. Beda dengan tokoh-tokoh masyarakat, lembaga DPRP atau MPRP yang mengeluarkan (pernyataan) itu mungkin sah-sah saja," kata Yan, di Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Dia menuturkan, secara struktural gubernur merupakan perpanjangan pemerintah pusat di daerah. Maka pernyataan Lukas Enembe yang disampaikan secara terbuka di publik seperti itu dinilai kurang tepat, karena bukan ranah politik yang harus dilakukan oleh seorang gubernur. 

Legislator asal Papua ini turut meminta tim Gubernur Papua agar bekerja proaktif, tidak hanya membuat press release yang dilempar ke media dan publik. Sebab, gubernur harus membangun komunikasi strategis dengan pemerintah pusat dalam rangka menangani situasi konflik Papua yang berkepanjangan.

"Sehingga masyarakat sipil, masyarakat kita yang ada di Papua tidak menjadi korban dari perkembangan dinamika politik dan keamanan yang terjadi di Papua," katanya.

Editor : Erwin Sihombing