Longsor Tutup Jalur Merangin-Kerinci, Ratusan Kendaraan Terjebak Berjam-Jam

Budi Utomo ยท Senin, 29 Maret 2021 - 18:50:00 WIB
Longsor Tutup Jalur Merangin-Kerinci, Ratusan Kendaraan Terjebak Berjam-Jam
Ratusan kendaraan terjebak longsor di jalur Merangin-Kerinci, Senin (29/3/2021). (Foto: MNC Portal/Budi Utomo)

MERANGIN, iNews.id – Jalur penghubung Merangin dan Kerinci terputus setelah tebing di Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, longsor menutup ruas jalan tersebut, Senin (29/3/2021). Tebing jalan tersebut longsor setelah hujan deras mengguyur wilayah Merangin, Minggu (28/3/2021).

Longsor tersebut mengakibatkan ratusan kendaraan yang ingin menuju Kerinci maupun sebaliknya terjebak berjam-jam karena jalur tersebut tidak bisa dilalui semua jenis kendaraan. 

Para pengendara maupun penumpang mobil yang ingin pulang ke Kabupaten Kerinci maupun menuju Kota Jambi melalui Kabupaten Merangin terpaksa tidur di dalam mobil.

Tercatat ada tujuh titik longsor di sepanjang jalur Merangin-Kerinci. Hingga saat ini, belum terlihat upaya penanganan longsor dari pemerintah daerah untuk membuka akses jalan provinsi tersebut.

Penumpang travel, Rina mengaku mobil yang ditumpanginya terjebak di jalur Merangin-Kerinci sejak Minggu malam akibat badan jalan tertutup longsor.

“Kami semua terpaksa tidur di mobil karena jalan tertutup longsor dan tidak bisa dilewati,” katanya. 

Rina mengaku hingga Senin siang belum ada tanda-tanda penanganan longsor. “Belum ada alat berat dari pemerintah daerah untuk membuka jalan yang tertimbun longsor,” ucapnya.

Sementara itu, petugas Polres Merangin tampak sibuk mengatur jalan dan mengarahkan para penumpang yang terjebak longsor untuk berpindah ke tempat istirahat yang telah disiapkan. 

Kapolres Merangin, AKBP Irwan Andy Purnawarman mengatakan, longsor terjadi akibat hujan deras dan ada tujuh titik longsor di sepanjang jalur Merangin-Kerinci. “Saat ini, kami sudah kordinasi dengan dinas terkait untuk menurunkan alat berat membuka jalan yang tertimbun longsor,” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: