Lebaran Hari Kedua, Sejumlah Provinsi Diprediksi Hujan Lebat

Antara · Selasa, 03 Mei 2022 - 07:52:00 WIB
Lebaran Hari Kedua, Sejumlah Provinsi Diprediksi Hujan Lebat
Pemudik menerobos hujan di Jalur Pantura, Indramayu, Jawa Barat. (ANTARA)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah provinsi hujan lebat pada Lebaran hari kedua, Selasa (3/5/2022). BMKG meminta masyarakat mewaspadai dampak hujan lebat terutama yang sedang melakukan perjalanan mudik.

"Pemudik perlu waspada karena perubahan cuaca saat pancaroba yang dinamis dan tidak menentu," tulis BMKG dikutip dari laman resminya.

Sejumlah provinsi yang berpotensi hujan lebat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Kondisi yang sama juga diperkirakan terjadi di Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Untuk Kepulauan Riau, DKI Jakarta Nusa Tenggara Timur dan Maluku Utara selain hujan juga berpotensi terjadi angin kencang, kilat/petir.

"BMKG mengimbau pemudik yang menggunakan jalur darat memperhatikan informasi cuaca, terlebih masa mudik Lebaran tahun ini bertepatan dengan pancaroba," tulis BMKG.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: