Lagi, Satu Keluarga di Pangkalpinang Positif Covid-19

Haryanto ยท Kamis, 17 September 2020 - 17:52 WIB
Lagi, Satu Keluarga di Pangkalpinang Positif Covid-19
Petugas medis yang menangani pasien Covid-19 di Kota Pangkalpinang, Babel. (Foto: iNews/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), kembali mengumumkan penambahan 10 orang pasien positif Covid-19 hari ini, Kamis (17/9/2020). Penambahan ini termasuk dari satu keluarga yang dinyatakan terpapar virus corona jenis baru itu.

Sekretaris Satgas Covid-19 Pangkalpinang, dr Masagus Hakim mengatakan, dari 10 orang tersebut, empat orang merupakan ibu dan tiga orang anak. Mereka terkonfirmasi positif Covid-19 setelah kontak erat dengan ayah mereka yang lebih dulu terpapar virus corona.

"Yang masih satu keluarga yakni De (43) seorang perempuan, kemudian anaknya AA berusia 3 tahun, HS 17 tahun dan PV berusia 12 tahun. Mereka sebelumnya terkontak erat dengan pasien He suami dari De dan ayah dari tiga orang anak tersebut," kata Masagus di Pangkapinang, Kamis (17/9/2020).

Pasien selanjutnya, yaitu seorang perempuan berinisial EH (28), kasus konfirmasi dan riwayat tes swab rutin di kantor Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Kemudian, ARF berusia 29 tahun, seorang laki-laki asal Kelurahan Kramat, Kecamatan Rangkui, yang memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Aceh. ARF tiba di Pangkalpinang pada 15 September 2020.

Pasien lainnya, yaitu seorang laki-laki berinisial AI berusia 38 tahun asal Kecamatan Gabek. Lalu, IT berusia 41 tahun, seorang laki-laki asal Kelurahan Ketapang, Kecamatan Pangkalbalam. "Yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan dari Lombok dan tiba di Pangkalpinang pada 13 September 2020," kata Masagus.

Kemudian AP, seorang pasien laki-laki berusia 42 tahun, alamat Kelurahan Bukit Baru Kecamatan Gerunggang. AP diketahui merupakan karyawan BUMN. Pasien terakhir juga seorang laki-laki berinisial RA (53), riwayat dari rapid test yang reaktif.

Penambahan kasus tersebut, menambah daftar warga Kota Pangkalpinang terpapar Covid-19 dari 116 orang menjadi 126 orang. Sebanyak 47 di antaranya sedang menjalani perawatan dan satu meninggal dunia.

"Kemarin ada penambahan 10 orang positif Covid-19 dan hari ini bertambah lagi 10 orang," kata Masagus.


Editor : Maria Christina