Kunjungan Luar Negeri Presiden Jokowi Kuatkan Persatuan Antar Negara

Antara · Rabu, 27 Juli 2022 - 22:55:00 WIB
Kunjungan Luar Negeri Presiden Jokowi Kuatkan Persatuan Antar Negara
Presiden Jokowi tiba di Tokyo (dok. Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke luar negeri dianggap berdampak positif. Pasalnya, kunjungan itu mampu merajut sinergi menguatkan persatuan antar negara.

"Kunjungan luar negeri Presiden Jokowi menciptakan dampak positif yang begitu nyata," kata Direktur Eksekutif Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid, Rabu (27/7/2022).

Dia menambahkan, lawatan tersebut semakin menunjukkan peran besar Indonesia. Terutama dalam menata ketertiban dan stabilitas perekonomian di tengan ancaman krisis pasca badai pandemi usai.

"Tugas pemimpin salah satunya memang adalah mengkonsolidasi kekuatan agar energi bangsa bisa disatukan untuk sama-sama membangun," katanya.

Dia menambahkan, kondisi demikian secara nyata telah direalisasikan langsung oleh Jokowi. Salah satunya melalui sejumlah agenda kunjungan kenegaraan ke beberapa negata tetangga.

"Nah itu memang secara efekti telah dilakukan oleh Pak Jokowi," katanya.

Sebelumnya Presiden Jokowi telah  memulai rangkaian kunjungan luar negeri ke tiga negara di kawasan Asia Timur. Meliputi Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Korea Selatan (Korsel).

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: