Komodo Gigit Warga Labuan Bajo hinga Luka Parah saat Tidur di Rumah

Yoseph Mario Antognoni ยท Jumat, 06 Juli 2018 - 22:35 WIB
Komodo Gigit Warga Labuan Bajo hinga Luka Parah saat Tidur di Rumah
Warga mengevakuasi korban yang digigit komodo ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. (Foto: iNews/Yoseph Mario Antognoni)

LABUAN BAJO, iNews.id – Seorang warga di kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), digigit komodo, Jumat (6/7/2018). Korban bernama Tahi (70), menderita luka parah akibat gigitan hewan purba itu di sekujur tubuh, terutama di kedua kaki dan tangannya.

Pria tua itu diserang komodo saat beristirahat di rumahnya, Kampung Rinca, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Komodo, Jumat pagi. Pria yang berprofesi sebagai nelayan itu harus berjuang sendiri melawan komodo hingga lolos. Namun, dia baru ditemukan warga Jumat sore. Warga kemudian mengevakuasi korban dengan perahu dari Pulai Rinca pukul 16.00 Wita dan tiba di Labuan Bajo pukul 17.00 Wita.

Kepala Desa Pasir Panjang Mochtar yang juga ikut mengevakuasi korban memaparkan, dari pengakuan korban, komodo menyerangnya saat tidur di dekat pintu rumah sekitar pukul 10.00 pagi, setelah lelah mencari kayu di kebun. Seekor komodo tiba-tiba naik ke tangga dan menyerangnya.

Korban berusaha melawan dan selamat setelah memukul komodo dengan batu. Dia juga merusak tangga dari rumah panggungnya sehingga komodo tidak bisa naik kembali.

Sekitar pukul 15.00 Wita, warga yang sedang melewati rumahnya menemukan korban yang luka parah akibat gigitan komodo. Warga langsung meminta bantuan warga lainnya di Kampung Rinca yang berjarak 1 kilometer dari tempat kejadian. Korban terlihat mengalami luka parah di sekujur tubuhnya, khususnya kedua kaki dan tangan. Bahkan, darah akibat luka gigitan komodo pun terlihat sudah mengering.

“Dia sedang tidur di pintu, komodo naik, sehingga sempat bertarung dan digigit, lalu jatuh ke bawah. Di bawah sempat bertarung dengan komodo, lalu dia naik lagi ke rumah, dan tangganya dijatuhkan,” kata Mochtar.

Korban yang tiba di Pelabuhan Labuan Bajo langsung dibawa ke RS Siloam Labuan Bajo. Keluarga korban tampak cemas menunggu hasil tindakan medis di ruang UGD mengingat lamanya waktu korban digigit dan mendapat penanganan medis.


Editor : Maria Christina