KM Sinar Alam Mati Mesin di Wakatobi, Puluhan Pemudik Terombang-Ambing di Laut

Andi Ebha ยท Rabu, 29 Mei 2019 - 23:09 WIB
KM Sinar Alam Mati Mesin di Wakatobi, Puluhan Pemudik Terombang-Ambing di Laut
Tim Basarnas Kendari mengevakuasi puluhan penumpang KM Sinar Alam yang terombang-ambing di tengah laut Wakatobi akibat mati mesin. (Foto-Foto: iNews.id/Andi Ebha)

BUTON, iNews.id – Kapal Motor (KM) Sinar Alam tujuan Wakatobi dari Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang mengangkut pemudik mengalami mati mesin di tengah laut, Rabu (29/5/2019). 

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sebanyak 26 penumpang kapal berhasil diselamatkan Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Kendari menuju Pelabuhan Wakatobi setelah seharian terombang-ambing di lautan.

Kepala Basarnas Kendari, Djuanedi menjelaskan, kapal nahas tersebut sebelumnya dilaporkan mati mesin pada Selasa (28/5/2019) malam sekitar pukul 22.20 WITA saat hendak bertolak dari Lasalimu menuju Wanci, Kabupaten Wakatobi.

“Kami (Basarnas) baru mendapatkan laporan pada siang hari sekitar pukul 13.05 WITA. Tim Rescue Pos SAR Wakatobi langsung diberangkatkan untuk mencari kapal tersebut,” katanya.

Kapal kemudian ditemukan sekitar pukul 14.20 WITA setelah terombang ambing selama hampir seharian. Para penumpang dan kapal kemudian dievakuasi ke Pelabuhan Wanci sekitar pukul 16.00 WITA.

“Kapal tersebut ditemukan di sekitar perairan Lasalimu. Sebagian penumpang dievakuasi dengan menggunakan rib Pos Sar Wakatobi dan sebagian lagi tetap berada di dalam kapal KM Sinar Alam yang ditarik oleh kapal milik perusahaan menuju Pelabuhan Wanci,” paparnya.


Saat ini, puluhan penumpang KM Sinar Alam sudah dibawaa ke Pelabuhan Wanci untuk mendapat perawatan intensif pascaterombang ambing di lautan.


Editor : Kastolani Marzuki