KKP Galang Bantuan Rp4 Miliar untuk Korban Gempa-Tsunami di Sulteng

Donald Karouw ยท Jumat, 23 November 2018 - 15:17 WIB
KKP Galang Bantuan Rp4 Miliar untuk Korban Gempa-Tsunami di Sulteng
Perwakilan KKP menyerahkan bantuan kepada korban gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Donggala, Kota Palu, dan Kabupaten Sigi, Sulteng. (Foto: IST)

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menggalang bantuan sebesar hampir Rp4 miliar atau tepatnya Rp3.975.472.300 untuk membantu korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Donggala, Kota Palu, dan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat konferensi pers di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018) mengatakan, bantuan tersebut didapat dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan KKP dalam beberapa waktu belakangan. Salah satunya, mengumpulkan bantuan sukarela dari seluruh pegawai KKP.

KKP juga menyelenggarakan Charity Sale bertajuk “KKP untuk Palu, Sigi, dan Donggala” pada tanggal 16 - 24 Oktober 2018 di Kantor KKP. Dalam kegiatan tersebut dijual berbagai barang yang didominasi barang pribadi Menteri Susi dan beberapa sumbangan dari para pejabat tinggi KKP seperti pakaian, sepatu, tas, perhiasan, perlengkapan rumah tangga, lukisan, buku, dan berbagai barang lainnya.

“Selama delapan hari penyelenggaraannya, Charity Sale berhasil menarik total 600 pengunjung dan pembeli, dan mengumpulkan penjualan sebesar Rp233.705.000,” ujarnya.

Bantuan juga didapatkan dari donasi 5.000 buah sandal sepatu dari Anne Avantie Management. Bantuan telah dikirim dengan KM Camara Nusantara 3 dan diterima korban bencana di Palu, Sigi, dan Donggala pada 27 Oktober lalu.

Menteri Susi juga telah mengantongi bantuan senilai Rp500 juta untuk wilayah bencana yang didapatkannya sebagai kompensasi telah tampil sebagai model dalam gelaran Jakarta Fashion Week pada 23 Oktober 2018 lalu. Susi saat itu mengenakan busana karya Anne Avantie. Honor sebagai model tersebut akan digunakan membuat kapal untuk bencana Palu dan Donggala.

“Kita akan terus lakukan bazaar yang sama pada Januari. Kita akan lakukan charity sale. Mungkin akan saya jual, tidak tahu apa. Mungkin saya akan adakan acara amal untuk menambah. Karena kalau hanya 10 kapal kan kurang, sedangkan kapal nelayan yang rusak (akibat bencana) banyak. Tentu pemerintah juga akan lakukan hal yang sama. Tapi sebagai pribadi, ini hal baik yang bisa kita lakukan,” tutur Menteri Susi.

Secara keseluruhan, KKP telah memberikan bantuan berupa makanan dan minuman, sandang dan perlengkapan sehari-hari, bantuan operasional dan perlengkapan kerja seperti genset, eskavator, kendaraan, pompa, dan sebagainya. Begitu juga tenaga medis, pengajar, psikolog, tenaga ahli kebencanaan pesisir, tim ahli tsunami Jepang, dan tim relawan, serta obat-obatan. Bantuan tersebut didistribusikan di 38 kelurahan atau desa di lokasi bencana.

KKP juga telah menggalang berbagai kegiatan peduli Palu, Sigi, dan Donggala berupa pendirian posko dan dapur umum, penyediaan layanan kesehatan. Kemudian, sekolah lapangan dan trauma healing, bantuan logistik, penyediaan air bersih, dan pembagian logistik.

Menteri Susi berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat terdampak bencana dan Palu, Sigi, Donggala, serta daerah sekitar bencana dapat pulih seperti sedia kala.


Editor : Maria Christina