Keutamaan Datang Awal Waktu Shalat Jumat, Pahalanya seperti Berkurban Unta

Kastolani ยท Jumat, 25 Oktober 2019 - 05:30 WIB
Keutamaan Datang Awal Waktu Shalat Jumat, Pahalanya seperti Berkurban Unta
Umat Islam melaksanakan shalat Jumat di Masjid Istiqlal. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Di hari itu, Allah SWT akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya. 

Hari Jumat juga merupakan hari di mana Nabi Adam as diciptakan dan dimasukan ke surga.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

“Hari paling baik di mana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu di mana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

Hari Jumat juga waktu berkumpulnya umat Islam khususnya laki-laki untuk melaksanakan sholat Jumat.

Namun, terkadang karena kesibukannya tidak sedikit yang menunda untuk bersegera datang ke masjid.

Sebagian lagi mungkin lebih memilih menunggu sampai khatib naik mimbar untuk khutbah. Padahal, keutamaan datang di awal waktu shalat Jumat sangat besar pahalanya, bahkan disetarakan seperti orang yang berkurban dengan unta.

Dalam Musnad Imam Ahmad Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda :

"Jika tiba hari Jum'at, maka para Malaikat berdiri di pintu-pintu masjid, lalu mereka mencatat orang yang datang lebih awal sebagai yang awal. Perumpamaan orang yang datang paling awal untuk melaksanakan shalat Jumat adalah seperti orang yang berkurban unta, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban sapi, dan yang berikutnya seperti orang yang berkurban kambing, yang berikutnya lagi seperti orang yang berkurban ayam, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban telur. Maka apabila imam sudah muncul dan duduk di atas mimbar, mereka menutup buku catatan mereka dan duduk mendengarkan dzikir (khutbah)."

Diriwayatkan dari Aus bin Aus radliyallah 'anhu, berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda
Barangsiapa mandi pada hari Jum'at, berangkat lebih awal (ke masjid), berjalan kaki dan tidak berkendaraan, mendekat kepada imam dan mendengarkan khutbahnya, dan tidak berbuat lagha (sia-sia), maka dari setiap langkah yang ditempuhnya dia akan mendapatkan pahala puasa dan qiyamulail setahun”.

Dengan keistimewaan datang di awal waktu shalat Jumat, sudah seharusnya umat Islam khususnya kaum laki-laki yang sudah wajib melaksanakan shalat Jumat untuk tidak menunda-nunda datang ke masjid sebelum azan berkumandang.

Wallahu A'lam Bissawab.


Editor : Kastolani Marzuki