Ketua Tim PKK Kalteng Berpesan Stunting Jadi Perhatian Semua Pihak

Rizqa Leony Putri ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 20:37:00 WIB
Ketua Tim PKK Kalteng Berpesan Stunting Jadi Perhatian Semua Pihak
Ketua TP-PKK Kalimantan Tengah Ivo Sugianto Sabran. (Foto: Dok Pemprov Kalteng)

SUKAMARA, iNews.id - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran melakukan Pertemuan dengan TP-PKK Kabupaten Sukamara dan Ketua TP-PKK kecamatan/kelurahan/desa se-Kabupaten Sukamara beserta Pokja Bunda PAUD Kabupaten Sukamara. Pertemuan digelar di Sukamara Ranch, Kabupaten Sukamara, Selasa (23/2/2021).

Ivo Sugianto Sabran berpesan agar mereka membantu anak-anak di daerah yang mendekati stunting supaya didata dan bisa mendapatkan makanan tambahan.

“Anak yang berpotensi stunting tolong dibimbing agar berat badannya dan pertumbuhan motoriknya selayaknya anak biasa,” tuturnya.

“Terkait dengan Covid-19 sekarang ini, dimana anak-anak diharuskan belajar dari rumah dan anak-anak cenderung menggunakan gadget. Terlalu sering menggunakan gadget tidak baik buat mata, dan jadi anti sosial,” ucapnya.

Dia juga meminta para Ibu-ibu untuk memperhatikan anak-anak agar tidak terlalu sering bermain gadget. Lebih lanjut, Ivo Sugianto Sabran mengimbau agar anak-anak diberikan buku bacaan.

“Tinggal ibu-ibu menyiasati. Ibu-ibu lebih tahu bagaimana kebiasaan gemar membaca di Indonesia sangat kecil. Maka dari itu, kita meningkatkan kembali minat baca sedini mungkin untuk diterapkan kepada anak-anak," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, dia memberikan bantuan TP-PKK Provinsi Kalteng berupa masker sebanyak 50.000 pcs, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada ibu hamil dan balita, bibit sayuran sebanyak tiga paket dan bibit jeruk. Bantuan diterima secara simbolis oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sukamara Siti Zulaiha.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran pada saat meninjau Sukamara Ranch juga memberikan bantuan berupa buku bacaan umum dan paud. Selain itu, diserahkan juga bantuan sosial untuk anak dalam panti asuhan Ar-Rahman berupa beras 10 kilogram untuk masing-masing anak di panti asuhan selama tiga bulan, serta masker. Bantuan diserahkan langsung oleh Gubernur Sugianto Sabran dan diterima secara simbolis oleh Bupati Sukamara Windu Subagio.

Dalam kesempatan tersebut, hadir anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalteng Shalahuddin, Kepala Dinas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Prov. Kalteng Ermal Subhan, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalteng Sunarti, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Prov. Kalteng Sri Widanarni, Kepala Biro Umum Setda Kalteng Lisda Arriyana dan Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng Rian Tangkudung, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Ahmad Syaifudi. Kemudian, hadir pula Wakil Bupati Sukamara Ahmadi beserta jajaran. (CM)

Editor : Rizqa Leony Putri