Ketahanan Pangan Saat Covid-19, Pemkot Pekanbaru Manfaatkan Lahan Kosong dan Pembinaan Petani

Kurnia Illahi ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 01:33 WIB
Ketahanan Pangan Saat Covid-19, Pemkot Pekanbaru Manfaatkan Lahan Kosong dan Pembinaan Petani
Kadis Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Alex Kurniawan. (Foto: iNews).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru memiliki sejumlah program terkait ketahanan pangan. Program tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat di tengah wabah virus corona (Covid-19).

Kadis Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Alex Kurniawan mengatakan, program yang dilaksanakan, yaitu Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Program ini melibatkan ibu rumah tangga untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar lingkungan mereka untuk diberdayakan dengan ditanami produk pangan.

"Bukan hanya tanaman pangan holtikultura tetapi juga perikanan maupun peternakan. Mereka bisa menggunakan ember, drum sehingga bisa bertenak seperti ikan lele dan sebagainya," ujar Alex dalam Webinar Leader Talk iNews bertajuk, Strategi Ketahanan Pangan dan Industri di Riau pada Masa Covid-19 secara virtual, Kamis (15/10/2020).

Dia menuturkan, program lainnya kawasan mandiri pangan dengan memberikan stimulus kepada kelompok tani bantuan berupa bibit tanaman pertanian maupun bibit perikanan dan peternakan.

"Ini sasarannya kelompok tani. Jadi kita lakukan pembinaan-pembinaan kepada kelompok-kelompok tani," tuturnya.

Selain itu, program yan dilaksanakan, yaitu Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD). Program ini, kata dia dengan memberikan bantuan dalam bantuan pangan berupa beras.

"Untuk strategi industri salah satunya kita melakukan pecepatan-percepatan serta melakukan pembinaan terhadap UMKM," katanya.


Editor : Kurnia Illahi