Debat Publik Pilkada Konawe

Kery Tidak Hadir, Gusli Curi Perhatian saat Debat Pilkada Konawe

Dony Aprian ยท Jumat, 11 Mei 2018 - 22:37:00 WIB
Kery Tidak Hadir, Gusli Curi Perhatian saat Debat Pilkada Konawe
Suasana saat berlangsungnya debat Pilkada Konawe yang disiarkan iNews. (Foto: dok iNews)

KONAWE, iNews.id – Sosok calon wakil bupati nomor urut 4, Gusti Topan Sabara (GTS) mencuri perhatian saat gelaran debat publik Pilkada Konawe, Jumat (11/5/2018). Meski tidak ditemani pasangannya, calon bupati petahana Kery Saiful Konggoasa yang berhalangan hadir, GTS mampu tampil lepas dan militan sepanjang debat yang disiarkan langsung iNews tersebut.

Dia mampu menjawab semua pertanyaan panelis secara matang dan terperinci. Seperti saat ditanyakan panelis Nur Arafah mengenai persoalan pemberantasan korupsi, multikultur, kesejahteraan masyarakat, serta strategi mengimplementasikan visi dan misi paslon yang diusung Parta Gerindra, PAN, dan Partai Nasdem.

Menjawab itu, GTS menilai, upaya revitalisasi birokrasi perlu dilakukan dalam memperkuat tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Selain mencegah korupsi, juga mengefisiensikan anggaran untuk program prorakyat.

“Kami akan tempatkan ASN sesuai bidang pendidikannya agar dapat maksimal. Kami juga akan memberi penilaian untuk promosi, serta menganggarkan tunjangan penghasilan ASN. Ini langkah mendasar untuk mencegah korupsi yang akan kami terapkan,” ujarnya.


Begitupun saat mendapat serangan pertanyaan dari paslon nomor urut 2 soal penanganan sampah dan defisit anggaran dalam periode pemerintahan sebelumnya. Meski di periode itu bukan dia yang menjadi bupati, GTS menjelaskan persoalan sampah bukan semata pekerjaan pemerintah, tetapi juga dukungan masyarakat.

“Terbukti Kabupaten Konawe meraih penghargaan Adipura selama dua kali di periode pemerintahan sebelumnya. Persoalan sampah sebenarnya mencuat baru-baru ini. Jadi jika kami diberikan amanah, tentu akan melanjutkan pembangunan dan mengatasi persoalan sampah,” kata GTS.

GTS menuturkan, di masa lalu Konawe merupakan kerajaan yang disegani dengan masyarakat yang sejahtera. Bersama pasangan Kery, GTS berkomitmen untuk membawa Kabupaten Konawe gilang-gemilang di masa mendatang.

“Kami memiliki program 1 juta ton gabah dan 1 juta sapi untuk masyarakat. Komitmen dan prioritas kami untuk mengentaskan kemiskinan dan membangkitkan Konawe dari ketertinggalan,” tuturnya.

Editor : Donald Karouw