Kerusuhan di Lapas Kelas II A Manado, Polisi Bersiap Merangsek Masuk

Okezone.com, Subhan Sabu ยท Sabtu, 11 April 2020 - 18:45 WIB
Kerusuhan di Lapas Kelas II A Manado, Polisi Bersiap Merangsek Masuk
Lapas Manado terbakar akibat kerusuhan napi pada Sabtu (11/4/2020) sore. (Foto: iNews).

MANADO, iNews.id – Hingga saat ini situasi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Manado, Sulawesi Utara (Sulut) mencekam masih terjadi. Hal ini akibat pembakaran lapas yang dilakukan warga binaan sekira pukul 15.00 WITA.

Dugaan sementara ada beberapa warga binaan kasus narkoba yang mengalami sakit, namun tidak mendapat penanganan dari lapas. Akibtanya warga binaan melakukan aksi rusuh dengan melakukan pembakaran.

Dalam insiden ini, aparat tidak bisa masuk dalam lapas karena warga binaan dalam lapas bertindak anarkis. Mereka melempari petugas batu. Bakan negosiasi awal yang dilakukan oleh Kapolresta Manado menemukan jalan buntu.

Sampai saat ini warga binaan masih belum bisa dikendalikan dan masih melakukan pembakaran. Aparat kepolisian saat ini sementara melakukan persiapan untuk merangsek masuk ke dalam lapas.

Kapolda Sulut, Irjen Pol Royke Lumowa mengimbau kepada masyarakat di sekitar lokasi kejadian untuk segera menjauh. "Yang tidak berkepentingan agar segera meninggalkan lokasi kejadia. Yang ada di dalam hanyalah aparat kepolisian," ujar Lumowa, Sabtu (11/4/2020).

Kapolresta Manado, Kombespol Benny Bawensel meminta agar para warga binaan untuk menghentikan aksi anarkisnya. "Kami himbau agar berhenti bertindak anarkis," kata Bawensel.


Editor : Umaya Khusniah