Kebijakan Presiden Jokowi Pulihkan Perekonomian Terdampak Pandemi

Antara ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 15:40:00 WIB
Kebijakan Presiden Jokowi Pulihkan Perekonomian Terdampak Pandemi
Presiden Jokowi (Raka Dwi/MNC Portal)

GORONTALO, iNews.id - Kebijakan strategis Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbuah manis. Salah satunya optimisme pemulihan ekonomi semakin nyata terwujud serta terciptanya keseimbangan. Hal ini menjadikan pertumbuhan ekonomi nasional semakin menguat. 

"Keberhasilan Presiden Jokowi menangani pandemi diikuti dengan perbaikan dalam sektor ekonomi serta kebijakan yang dikeluarkan mendorong kebangkitan ekonomi masyarakat," kata Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Muhammad Amir Arham, Senin (15/8/2022).

Dia menambahkan, salah satu langkah konkret presiden yakni melalui realisasi kebijakan Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Menurut dia pertumbuhan ekonomi yang begitu optimal membuat perekonomian masyarakat semakin bergeliat. 

"Saya kira optimis, asal disertai dengan komitmen di dalam pelaksanaannya. Jangan hanya di atas kertas tetapi komitmennya mulai dari atas sampe bawah," katanya. 

Dia menyampaikan kebijakan Dana PEN yang diluncurkan Presiden Jokowi dapat menjadi kunci pembuka kebangkitan ekonomi nasional. Tak terkecuali bagi masyarakat terdampak besar dari kehadiran pamdemi yang masih melanda hingga sekarang ini. 

Dia juga mengingatkan agar pemerintah dapat melakukan pengawasan dengan seksama salah satunya didukung dengan mekanisme penyaluran yang efisien dan tidak menyulitkan bagi masyarakat.

"Presiden Jokowi harus memberikan pengawasan hingga tingkat bawah," katanya.

Tercatat Pemerintahan Jokowi telah merealisasikan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp70,37 triliun. Artinya sudah mencapai 15,4 dari alokasi anggaran sebesar Rp455,62 triliun yang diperuntukkan langsung untuk masyarakat.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Bagikan Artikel: