Kebakaran di Kawasan Bandara Umbu Mehang Kunda Sumba Timur, Api Berkobar Hebat

Dion Umbu Ana Lodu ยท Rabu, 16 September 2020 - 00:24 WIB
Kebakaran di Kawasan Bandara Umbu Mehang Kunda Sumba Timur, Api Berkobar Hebat
Kobaran api saat kebakaran di lahan kawasan Bandara Umbu Mehang Kunda Sumba Timur, NTT, Selasa (15/9/2020) malam. (Foto: iNews/Dion Umbu Ana Lodu)

WAINGAPU, iNews.id - Kawasan lahan di sekitar Bandara Umbu Mehang Kunda di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar, Selasa (15/9/2020) petang. Kobaran api tampak menyala hebat dan membakar hamparan alang-alang yang mengering akibat musim kemarau.

Kondisi ini sempat membuat panik petugas bandara tertua di Pulau Sumba tersebut. Namun petugas pemadam kebakaran dengan sigap mengendalikan api agar tidak sampai merambat ke bangunan fasilitas penunjang bandara.

Kepala Bandara Umbu Mehang Kunda Hariyanto mengatakan, api pertama kali terlihat dari padang sabana yang ada di sisi timur landasan pacu bandara tersebut. Sementara penyebabnya belum diketahui.

"Kami masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran," ujarnya, Selasa (16/9/2020) malam.

Menurutnya, proses pemadaman tidak berjalan mudah. Petugas berjibaku selama empat jam untuk memadamkam api. Selain petugas damkar, pemadaman juga dibantu anggota Polres Sumba Timur dengan mengerahkan armada water canon.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Api bisa dikendalikan sebelum mendekati kawasan permukiman warga dan fasilitas bandara," katanya.

Dia menambahkan, saat ini di lokasi masih dilakukan pengecekan terhadap fasilitas Bandara Umbu Mehang Kunda untuk mengantisipasi adanya kerusakan akibat kebakaran. Selain itu juga pendinginan untuk memastikan tak ada api di lokasi kejadian.


Editor : Donald Karouw