Kawanan Anjing Liar Mangsa Puluhan Bebek di Sampit

Normansyah ยท Selasa, 18 Mei 2021 - 10:22:00 WIB
Kawanan Anjing Liar Mangsa Puluhan Bebek di Sampit
Kawanan anjing liar memangsa puluhan bebek milik peternak di Sampit, Kalteng.

SAMPIT, iNews.id - Peternak bebek di Perumahan Wengga Jaya Agung, Sampit Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai resah lantaran hewan peliharaannya sering dimangsa kawanan anjing liar di wilayah itu. Betapa tidak, dalam sehari peternak bisa kehilangan 70 ekor bebek yang habis dimangsa.

Peternak bebek, Abdi, mengakui hewan ternaknya sudah sering dimangsa kawanan anjing liar, meski dirinya sudah mengantisipasi dengan meninggikan pagar. Kawanan anjing liar selalu memburu bebek-bebeknya pada malam hari.

"Sudah sering begini. Mungkin ini kali yang kelima dan ini yang paling banyak, 70 ekor dibantai," kata Abdi, Senin (17/5/2021).

Fenomena anjing liar ini sudah terjadi dalam satu bulan terakhir. Ketika pagi hari dirinya baru mengetahui puluhan ekor bebek ditemukan mati dengan luka gigitan anjing di beberapa bagian tubuhnya.

Akibat kejadian tersebut, Abdi mengaku mengalami kerugian hingga
jutaan rupiah. Belum lagi bebek-bebeknya yang mati karena dimangsa pada hari-hari sebelmunya.

Dia berharap peristiwa ini mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Sebab terhadap kekhawatiran kawanan anjing liar nantinya melukai peternak atau warga sekitar.

"Warga mengeluh karena nanti jangan-jangan bukan hanya hewan ternak yang menjadi korban, tetapi manusia juga," kata Abdi.    

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: