Kapolda NTT Ingatkan Jajaran Tak Sembarangan Pakai Senpi: Kalau Tersangka Lari, Ya Kejar

Antara ยท Jumat, 11 November 2022 - 14:50:00 WIB
Kapolda NTT Ingatkan Jajaran Tak Sembarangan Pakai Senpi: Kalau Tersangka Lari, Ya Kejar
Kapolda NTT Irjen Pol Johanis Asadoma mengingatkan jajarannya untuk tidak sembarangan menggunakan senjata api. (Foto: Istimewa)

KUPANG, iNews.id - Kapolda NTT Irjen Pol Johanis Asadoma mengingatkan jajarannya untuk tidak sembarangan menggunakan senjata api (senpi). Dia menyebut, penggunaan senpi diperkenankan untuk melindungi diri, bukan menembak orang yang melarikan diri.

"Senjata api itu hanya digunakan dalam keadaan terpaksa saja, dalam arti saat melindungi diri dari serangan yang mematikan, bukan untuk menembak orang yang melarikan diri," kata Johanis saat memberikan arahan dalam apel gelar pasukan untuk pengamanan Pekan Olahraga Provinsi NTT di Kupang, Jumat (11/11/2022).

Dia memberi contoh peristiwa di Atambua, Kabupaten Belu, saat anggota Buser menembak terduga penganiayaan hingga meninggal dunia. Menurut dia, tindakan itu tidak patut ditiru.

"Kalau ada tersangka yang lari, ya kejar. Jangan melakukan tindakan menembak. Kejar sampai dapat, baru diproses hukum," katanya.

Dia juga menekankan tugas Polri adalah melayani masyarakat dan penindakan hanya merupakan salah satu tugas polisi.

"Kita harus kedepankan pelayanan terbaik bagi masyarakat, sehingga masyarakat merasa aman, nyaman, dan percaya terhadap polisi," ucapnya.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Bagikan Artikel: