Kapal Tongkang Nyaris Karam di Perairan Konawe, Tumpahan Nikel Cemari Laut

Febriyono Tamenk ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 15:12 WIB
Kapal Tongkang Nyaris Karam di Perairan Konawe, Tumpahan Nikel Cemari Laut
Kapal tongkang yang mengangkut ore nikel nyaris karam dihantam gelombang di perairan Morosi, Konawe. (Foto: iNews/Febriyono Tamenk)

KONAWE, iNews.id - Kapal tongkang yang mengangkut ore nikel nyaris karam dihantam ombak di perairan Laut Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (16/7/2020). Akibat kejadian itu, muatan ore yang berada di atas kapal tumpah dan mencemari laut.

Detik-detik kandasnya kapal tongkang yang memuat ore nikel  milik salah satu perusahaan tambang nikel itu terekam video amatir warga.

Dalam video tersebut terlihat kapal tongkang yang bermuatan ore nikel miring dan nyaris tenggelam mengakibatkan tumpahan tanah ore nikel berhamburan ke laut.

Ketua Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sultram Saharuddin meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sultra segera turun ke lapangan.

“DLHK harus mengambil langkah gugatan lingkungan dan memberikan sanksi tegas kepada perusahaan pemilik kapal tersebut karena telah lalai yang mengakibatkan pencemaran lingkungan sekitar,” katanya.

Menurut Sharuddin, dampak dari tumpahan tanah ore nikel itu akan dirasakan oleh masyarakat pesisir khususnya para nelayan. Mereka akan kesulitan menangkap ikan karena air laut yang telah tercemari tumpahan ore nikel akan membuat ikan pindah ke lokasi baru.


Editor : Kastolani Marzuki