Kapal Tongkang Meledak di Kobar, Satu Orang Tewas

Sigit Dzakwan Pamungkas · Senin, 05 Juli 2021 - 13:34:00 WIB
Kapal Tongkang Meledak di Kobar, Satu Orang Tewas
Kapal Tongkang Meledak di Kobar, Satu Orang Tewas (Foto: iNews/Sigit Dzakwan)

KOTAWARINGIN BARAT, iNews.id - Kapal tongkang milik PT Korindo Ariabimasari Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimanta Tengah meledak hebat pada Senin (5/7/2021) sekitar pukul 10.07 WIB. Satu orang dilaporkan tewas.

Ledakan hebat terjadi di sekitar Sungai Arut di sekitar dermaga perusahaan PT Korindo Ariabimasari di Kelurahan Mendawai RT 11 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Suara ledakan mencapai radius 4 kilometer fan sempat mengagetkan warga Pangkala Bun. Tongkang tersebut mengangkut cairan Methanol. Dalam rekaman CCTV yang beredar kapal tongkang meledak dengan keras sehingga menyebab kan sejumlah material tongkang berterbangan ke udara. 

“Sekitar pukul 10.15 WIB kami menerima laporan meledaknya tongkang dan kita langsung meluncur ke TKP,” ujar Kabid Damkar Kobar Agus Dwi Suhartoni saat dikonfirmasi, Senin (5/7/2021).

Agus menerangkan, hingga saat ini proses pelamadaman masih berlangsung karena kebakaran merupakan tipe B yakni mengangkut minyak methanol. Empat mobil damkar dikerahkan.

“Karena untuk memadamkan api yang disebebkan dari minyak seharusnya menggunakan busa. Jadi kita agak sulit memadamkannya.”

Dalam peristiwa ini pekerja tongkang satu orang meninggal atas nama Fauzi, satu orang luka bakar serius dan sudah dilarikan ke RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dan dua pekerja lainnya selamat.

“Kasus kebakaran ini masih diselidiki tim inavis Polres Kobar,” katanya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Bagikan Artikel: