Kapal Terbakar di Perairan Talaga Buton Selatan, 1 ABK Tewas, 4 Hilang

Andi Ebha ยท Rabu, 16 September 2020 - 18:50 WIB
Kapal Terbakar di Perairan Talaga Buton Selatan, 1 ABK Tewas, 4 Hilang
Tim SAR Kendari mencari keberadaan empat ABK KM Yuliner yang terbakar dan tenggelam di Buton Selatan. (Foto: iNews/Andi Ebha)

BUTON SELATAN, iNews.id - Kapal barang KM Yuliner 05 GT 97 bermuatan semen terbakar di sekitar perairan Talaga, Pulau Siompu, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (16/9/2020). Akibat kejadian itu, seorang anak buah kapal (ABK) tewas dan empat ABK lainnya hilang, serta satu ABK selamat.

Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi mengatakan, keempat ABK yang hilang diketahhui berdasarkan informasi dari salah satu penumpang yang berhasil selamat. Sedangkan satu lainnya meninggal dunia.

“Kami masih mencari empat ABK yang hilang dengan memaksimalkan seluruh potensi dan elemen masyarakat nelayan yang ada di sekitar Pulau Siompu,” katanya.

Meski demikian, kata dia, hingga Rabu Sore belum ada tanda-tanda keberadaan empat ABK tersebut. Bangkai kapal juga tidak berada di lokasi diduga tenggelam usai terbakar.

Dia mengatakan, KM Yuliner tersebut berlayar dari Pelabuhan Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan menuju Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi.

Di tengah perjalanan, kapal barang dengan jumlah abk sebanyak enam orang terbakar. Belum diketahui penyebab kapal tersebut terbakar.


Editor : Kastolani Marzuki