Kapal Tenggelam di Selat Pukuafu, Basarnas Kupang: 19 Selamat, 2 Tewas dan 7 Hilang

Emanuel Kau Suni ยท Minggu, 05 Juli 2020 - 21:15 WIB
Kapal Tenggelam di Selat Pukuafu, Basarnas Kupang: 19 Selamat, 2 Tewas dan 7 Hilang
Basarnas saat mengevakuasi dua penumpang KM Kasih 25 yang tenggelam di Pulau Rote. (Foto: Emanuel Kau Suni)

KUPANG, iNews.id - Basarnas Kupang mengevakuasi 19 penumpang Kapal Motor (KM) Kasih 25 yang tenggelam di Selat Pukuafu antara Kupang dan Pulau Rote. Sementara dua penumpang ditemukan meninggal dunia dan tujuh masih dalam pencarian.

Hasil pendataan, jumlah penumpang kapal nahas tersebut yakni sebanyak 28 orang dari sebelumnya disebutkan 24 penumpang. Kapal yang mereka tumpangi hancur usai dihantam gelombang dalam perjalanan dari Tablolong di Kupang Barat menuju Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Basarnas Kupang Emi Freezer mengatakan, tim langsung dikerahkan ke lokasi usai mendapat laporan ada kapal yang tenggelam. Begitu tiba di lokasi, tim menemukan bangkai kapal dan dua orang yang terjebak tali.

"Keduanya kami evakuasi meninggal dunia. Kaki mereka tersangkut tali di antara bangkai kapal," ujarnya, Minggu (5/7/2020).

Selanjutnya dari lokasi kapal tenggelam tim bergerak untuk mencari korban lainnya dan ditemukan satu orang terombang-ambing dengan pelampung.

"Kondisi korban selamat namun mengalami hipotermia sehingga belum dapat kami mintai keterangan," katanya.

Sementara Kapal Expres Bahari yang kebetulan berlayar di lokasi kejadian menyelamatkan dua penumang. Kemudian penumpang lainnya juga dibantu kapal nelayan di sekitar lokasi.

Total, sudah 21 orang yang ditemukan selamat dan dievakuasi ke Kupang maupun Pulau Rote, kemudan dua meninggal dan tujuh dalam pencarian.


Editor : Donald Karouw